Intensitas Hujan Tinggi, ini 3 Sungai di Kabupaten Probolinggo yang Rawan Banjir

Kraksaan,- Intensitas hujan tinggi di Kabupaten Probolinggo, mengakibatkan debit air di sungai meningkat. Mengantisipasi terjadinya luapan air sungai, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo mengecek 3 sungai yang berpotensi meluap.

Staf Fungsional Muda Pengairan DPUPR Kabupaten Probolinggo, Nurul Hidayat mengatakan, bencana banjir dapat ditimbulkan karena naiknya debit air sungai, lantaran hujan deras terjadi.

Menanggulangi resiko bencana, maka normalisasi sungai perlu dilakukan. Selain itu, koordinasi dengan petugas penjaga pintu air yang mengatur buka dan tutupnya pintu air perlu diintensifkan.

“Hujan akhir-akhir ini memang menunjukkan peningkatan. Petugas yang membidangi sudah bersiaga agar tidak ada luapan air yang berasal dari sungai,” kata Nurul saat dikonfirmasi, Rabu (23/11/23).

Menurut Nurul, tiga sungai yang dipantau secar berkala karena berpotens meluap saat hujan deras meliputi Sungai Bayeman di Kecamatan Tongas; Sungai Gending di Kecamatan Gending; dan Sungai Kertosono Kecamatan Kraksaan.

“Petugas nanti akan saling berkoordinasi, apabila kondisi semakin memburuk kami juga akan berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah, red)” tegasnya.

“Biasanya debit air akan naik saat hujan di wilayah hulu atau dataran tinggi. Naiknya secara perlahan sehingga pengaturan buka tutup pintu air masih bisa dilakukan,” imbuh dia.

Debit air sungai meluap, imbuh Nurul, bisa terjadi karena terjadinya pendangkalan sungai. Disisi lain, saluran pembuangan air atau drainase di perkampungan tidak berfungsi maksimal sehingga air akhirnya menggenang.

“Banjir di sungai bisa juga karena sampah yang menumpuk, ini membuat saluran air tidak berfungsi dengan baik. Karena itulah pembersihan rutin dilakukan, baik saat sampah menumpuk atau peningkatan debit air,” pungkasnya. (*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Pemulihan Pasca Bencana Tiris Sasar Infrastruktur

Baca Juga

Atasi Sampah Overload, Pemkot Probolinggo Gandeng BRIN

Probolinggo,- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bestari menjadi tempat pengolahan sampah yang vital bagi Kota Probolinggo. …