Hari Ini, Jamaah Aboge Gelar Sholat Ied

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Puluhan jamaah Alif Rabo Wage (Aboge) di Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, melaksanakan sholat Idul Fitri, Sabtu (16/6/2018). Perayaan jamaah ini berselisih sehari dibanding ketetapan pemerintah.

Berdasarkan pantauan PANTURA7.com, jamaah Aboge melaksanakan salat Ied sekitar pukul 06.30 WIB di Masjid Al Barokah, desa setempat. Jamaah Aboge ini perpedoman pada kitab Mujarobah atau kitab Jawa kuno, yang berkeyakinan bahwa Iedul Fitri jatuh pada Sabtu Pahing, hari ini.

Perhitungan lebaran jamaah Aboge tahun ini adalah Waljiro atau satu Syawal yang jatuh pada hari yang loro atau tanggal kedua dari bulan Hijriyah. Dengaj demikian, lebaran jemaah Aboge jatuh pada Sabtu Pahing.

Usai menggelar salat Ied, acara dilanjutkan dengan saling bermaafan antar warga. Warga kemudian menggelar selamatan dengan makan tumpeng yang dibawa dari rumah masing-masing . Acara terebut sekaligus sebagai wujud kebersamaan antar warga.

Ustadz Budin tokoh Aboge setempat mengatakan, perhitungan Aboge dalam menetapkan lebaran maupun awak Ramadhan, hampir selalu tidak sama dengan perhitungan pemerintah. Biasanya berselisih satu hingga dua hari.

“Kami ada patokan sendiri berdasarkan Kitab Mujarrobat yang sudah jadi pedoman turun temurun. Hari ini kami berlebaran, tidak ada masalah meski pemerintah menetapkan Iedul Fitri kemarin,” ujar Ustadz Budin

Tak hanya sholat, jamaah Aboge juga rutin melaksanakan tradisi makan bersama dengan bekal yang dibawa jamaah dari rumah masing-masing. “Ini simbol tang menunjukkan persaudaraan kami,” papar Ustadz Budin singkat.

Di Kabupaten Probolinggo diperkirakan terdapat sekitar 1.000 jamaah Aboge. Mereka tersebar di tujuh desa di empat kecamatan berbeda, diantaranya di Kecamatan Leces, Dringu, Bantaran, dan Kuripan. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Embat Motor di Mapolsek Besuk, Residivis Diringkus

Baca Juga

Naik 15 Persen, KAI Daop 9 Jember Angkut 208.798 Penumpang

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember selama 22 hari angkutan lebaran melayani …