Damkar Kota Probolinggo Berbagi Tips Cegah Kebakaran Rumah Saat Mudik, Ini Uraiannya 

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Probolinggo menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai bencana kebakaran rumah saat ditinggal pemilik yang mudik lebaran.

Kepala Seksi Pencegahan Damkar Kota Probolinggo, Puspito mengatakan bahwa masyarakat harus waspada terhadap kebakaran saat mudik. Untuk itu, pihaknya memberikan sejumlah tips agar musibah kebakaran bisa dihindari. Tips itu ia berikan melalui selebaran yang diberikan secara langsung pada pengguna jalan di traffic light jalan Soekarno Hatta sejak dua hari terakhir.

Setidaknya ada 8 pesan yang disampaikan Damkar kepada warga. Pertama, agar pemilik rumah mematikan arus listrik dan kompor tiap akan berpergian. Kedua, warga diminta merapikan instalasi listrik yang ada dirumahnya.

“Ketiga, Jangan merokok ditempat tidur, lalu jangan memasang atau menyalakan obat nyamuk atau lilin ditempat yang mudah terbakar, Kangan mengisi BBM ketika kompor sedang menyala,” kata Puspito, Selasa (12/6/2018).

Antisipasi ke-enam, lanjut Puspito, adalah menjauhkan korek api dari jangkauan anak-anak serta Jangan meninggalkan barang-barang yang dibakar dalam keadaan menyala. Terakhir,  jauhkan barang-barang yang mudah terbakar ditempat yang panas,” himbau Puspito.

Delapan tips ini, dikatakan Puspito, ampuh untuk menghindari musibah kebakaran saat rumah ditinggal mudik pemiliknya. “Masyarakat harus melaksanakan itu biar aman. Kami juga membuka layanan hotline kebakaran 24 jam di nomor (0335) 421113,” tutup dia. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhamad

Baca Juga  Bursa Sekda Kabupaten Probolinggo Sisakan 7 Nama

Baca Juga

Angkutan Lebaran 2024, Terminal Bayuangga Berangkatkan 89 Ribu Penumpang

Probolinggo,- Selama angkutan lebaran H-7 hingga H+4, Terminal Bayuangga Kota Probolinggo telah memberangkatkan 89 ribu …