Sambut Musim Mudik, Petugas Gelar Uji Kelayakan Sopir dan Armada Bus

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Petugas gabungan dari unsur Polresta Probolinggo, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan Pemkot Probolinggo, melakukan tes urine kepada para sopir bus di Terminal Bayuangga kota setempat, Rabu (6/6/2018).

Selain tes urine, petugas gabungan juga lakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para sopir bus.

Upaya itu dilakukan, guna memastikan kondisi sopir prima untuk membawa penumpang saat lebaran nanti.

Polisi bersama Dishub, juga melakukan pengecekan fisik armada bus di terminal setempat. Seperti pengecekan rem kendataan, lampu, ban, serta kelengkapan surat-surat kendaraan .

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal menyampaikan, uji kelayakan sopir dan fisik kendaraan ini dilakukan guna memastikan kesehatan para sopir, dan kelayakan kendaraan angkutan umum.

Dalam pemeriksaan itu, tidak didapati sopir bus yang menggunakan obat-obatan terlarang. “Dari tes urine kali ini, tidak kita temukan urine sopir yang terindikasi gunakan narkoba,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan armada bus secara umum, menurut Alfian, masih dalam kategori layak jalan. Namun demikian, pihaknya menghimbau agar para sopir tidak kebut-kebutan di jalan, dan tetap melajukan kendaraan maksimal 80 kilometer per jam.

“Saya harap para sopir bus hati-hati dalam membawa penumpang, agar tetap selamat sampai tujuan,” tandasnya.

Usai memeriksa kesehatan sopir bus, dan cek fisik kendaran, polisi bersama tim gabungan kemudian memasang stiker inspeksi keselamatan di kaca tiap-tiap armada bus.

“Tujuannya, agar publik tahun bahwa kendaraan tersebut layak jalan selama musim mudik lebaran, ” tutup Kapolresta. (*)

 

 

 

Penulis : Achmad Kifli

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Rambu Jalur Alternatif Untuk Jalan Raya Paiton Dipasang

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …