Cuaca Buruk, Wisata Snorkeling Gili Ditutup

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Cuaca buruk yang terjadi di wilayah Kabupaten Probolinggo akhir-akhir ini, membuat wisata snorkeling Pulau Gili Ketapang, ditutup. Penutupan dilakukan karena ombak di sekitar wisata bahari itu membahayakan.

Salah satu operator penyedia jasa Snorkeling Gili Ketapang Mushonif Kamil mengatakan, penutupan ini berlaku hanya sementara waktu. Jika cuaca kembali normal, pihaknya akan kembali membuka wisata tersebut.

“Penutupan ini atas himbauan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG, red), karena cuaca saat ini kurang baik. Gelombang air laut tidak bersahabat dan membahayakan,” kata Kamil, Sabtu (26/1/2019).

Kamil melanjutkan, wisata Snorkling ditutup sejak Rabu (23/1/2019) kemarin hingga tenggat waktu yang tak ditentukan. “Untuk jadwal buka kembali, kami masih menunggu informasi cuaca dari BMKG,” terangnya saat dikonfirmasi melalui via seluler.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, Tatok Krismarhento menjelaskan, penutupan wisata yang masuk Kecamatan Sumberasih itu untuk antisipasi dampak cuaca buruk kepada pengunjung.

“Untuk mewaspadai cuaca yang kurang baik seperti sekarang, diharapkan untuk sementara tidak melakukan aktivitas snorkeling ataupun diving di perairan pulau Gili,” ucap Tatok melalui surat pemberitahuan yang diberikan kepada pengelola wisata.

Pihaknya, menurut Tatok, juga akan menunggu pemberitahuan dari BMKG soal prakiraan cuaca, sebelum memutuskan membuka kembali wisata snorkeling gili. “Kami menunggu informasi BMKG, ini juga untuk keamanan dan keselamatan para wisatawan sendiri,” tuturnya .(*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Oknum Perangkat Desa Sebut Tuduhan Perselingkuhan Yang Menimpanya Palsu

Baca Juga

Naik 15 Persen, KAI Daop 9 Jember Angkut 208.798 Penumpang

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember selama 22 hari angkutan lebaran melayani …