MANASIK: Puluhan CJH Kota Probolinggo menjalani manasik haji di miniatur Ka'bah Gending. (foto: Hafiz Rozani).

Jelang Keberangkatan, CJH Kota Probolinggo Manasik Haji di Miniatur Ka’bah

Probolinggo,- Untuk memantapkan pelaksanaan ibadah haji, Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Probolinggo pada Kamis (2/5/24) melaksanakan manasik haji di miniatur Ka’bah, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.

Pelaksanaan manasik haji bagi Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Probolinggo digelar oleh lima Kantor Urusan Agama (KUA) dan dipimpin langsung oleh Plt Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Probolinggo, Ansori.

Adapun rangkaian manasik haji yang dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB mulai mengenakan ihram, wukuf, lempar jumrah, thawaf, hingga sa’i.

Plt Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Probolinggo, Ansori mengatakan, manasik haji yang dilakukan hari ini merupakan upaya Kemenag Kota Probolinggo memberikan pelayanan prima dan baik agar jamaah haji siap.

“Jadi manasik haji ini merupakan rangkaian persiapan yang telah kami lakukan dan berikan kepada jamaah haji, dari sebelumnya bimbingan yang telah diberikan sebulan yang lalu,” ujarnya.

Dengan telah masuk tahapan manasik haji, maka kesiapan CJH Kota Probolinggo sudah 85 persen. Tinggal kesiapan atau kemampuan kesehatan CJH, jamaah juga disiapkan buku panduan dan pembimbing haji.

“Yang menjadi perhatian yakni kesehatan jamaah haji, khususnya menjelang dan masuk pada ibadah di Arofah, Muzdalifah dan Mina, pada tanggal 8 hingga 13 Juni 2024,” urainya.

Sementara, Pendamping Haji Dinas, yang juga Staf Ahli, Surya Dharma Yanti mengatakan, bersyukur sejak bimbingan yang digelar beberapa bulan yang lalu hingga manasik haji, seluruh CJH Kota Probolinggo semuanya hadir dan antusias.

Diharapkan kebersamaan ini tetap terjaga hingga nanti di tanah suci. Adapun manasik haji ini, merupakan persiapan terakhir.

“Ibadah haji salah satunya ibadah fisik, maka persiapannya selain fisik, juga kesehatan yang perlu dijaga khususnya bagi jamaah haji selama di tanah suci,” pesannya.

Baca Juga  MUI Bongkar Bangunan Diklaim Petilasan Syekh Maulana Ishaq di Krucil

Diketahui, 195 CJH Kota Probolinggo masuk dalam kloter 43/ SUB, bersama Kabupaten Sidoarjo dan Jember. Kloter ini dijadwalkan berangkat pada 21 Mei 2024. (*)

 

Penulis: Hafiz Rozani

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher:

Baca Juga

Gabung di Kloter 43, CJH Kota Probolinggo Akan Berangkat 21 Mei 

Probolinggo,- Sebanyak 195 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Probolinggo masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) …