ELEKTABILITAS TERTINGGI: Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo, Gus dr. Haris. (foto: dok P7.com)

Tujuh Bulan Jelang Pilkada Kabupaten Probolinggo, Elektabilitas Gus Haris Teratas

Jakarta,- Lembaga survei LSI Denny JA merilis hasil survei politik di tengah ramainya persiapan perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabulaten Probolinggo, Jawa Timur.

Dalam surveinya di wilayah pandalungan itu, nama pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, dr Muhammad Haris (Gus Haris), mendominasi sebagai kandidat calon bupati dengan elektabilitas tertinggi.

Dalam kontestasi lim tahuna yang rencananya bakal digelar 27 November 2024, beberapa nama kandidat muncul untuk berebut kursi bupati.

Kandidat bakal calon bupati Probolinggo yang bersiap dalam kontestasi itu antara lain, Abdul Malik Haramain (ketua PKB), Habib Mahdi (ketua PPP), Faisol Riza (anggota DPR RI PKB), hingga Hadi Zainal Abidin (eks Wali Kota Probolinggo).

Ada juga nama Hamid Wahid atau Ra Hamid (Pengasuh PP Nurul Jadid Paiton), Muhammad Haris (Pengasuh PP Zainul Hasan Genggong), Ugas Irwanto (Pj bupati Probolinggo), dan Zainal Arifin (ketua Garda Bangsa).

Kemudian Oka Mahendra Jati Kusuma (ketua Golkar), serta Zulmi Noor Hasani dan Dini Rahmania (putra dan putri eks bupati Probolinggo Hasan Aminudin).

Dengan metodologi multistage random sampling, survei yang berlangsung 25 Maret hingga 4 April 2024 ini melibatkan 440 individu sebagai responden dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Hasilnya, menunjukkan bahwa Gus Haris berada di posisi teratas elektabilitas dengan selisih di atas 40%-45% dari kandidat bacabup lainnya.

Dalam simulasi LSI Denny JA dengan skenario empat kandidat paslon, elektabilitas Gus Haris mencapai 50,8% hingga 56,8%. Sedang pada simulasi tiga kandidat, angkanya naik menjadi antara 55,5% hingga 58,3%.

Sementara, saat LSI Denny JA membuat simulasi dua kandidat paslon, calon bupati Gus Haris melejit dengan elektabilitas 55,9% hingga 61,8%. Angka ini mempertegas posisi terdepannya dalam preferensi publik di Probolinggo.

Baca Juga  Solid Dukung Gus Haris, KARISMA Kukuhkan Pengurus di 24 Kecamatan¬†

Salah satu contoh, dalam simulasi 4 kandidat paslon, nama Gus Haris elektabilitasnya mencapai 50,8%. Di tempat kedua Abdul Malik Haramain 13,4%, Habib Mahdi 12,3%, Oka Mahendra 4,1%.

Sedang saat disimulasikan 4 kandidat dengan nama lainnya, elektabilitas Muhammad Haris masih tetap lebih tinggi hingga mencapai 53,6%.

Kemudian, dalam simulasi tiga kandidat paslon, lagi-lagi nama Gus Haris menempati urutan pertama dengan elektabilitas hingga 55,5%.

Disusul urutan kedua ada nama Faisol Reza 16,4%, dan Ugas Irwanto 5,0%. Begitu juga saat disimulasikan dengan kandidat paslon lain, nama Gus Haris juga menempati urutan pertama.

Yang menarik, jika disimulasikan dua kandidat paslon, elektabilitas Gus Haris mendominasi dibandingkan dengan semua kandidat paslon.

Elektabilitasnya mencapai 55,9% hingga 61,8%. Dengan selisih dengan paslon lainnya antara 45%-50%. (*)

 

 

Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Ingin Sejahterakan Masyarakat, Sigit Kembalikan Formulir Balon Wakil Walikota ke DPC PDI Perjuangan

Probolinggo,- Salah satu bakal calon wakil walikota, Sigit Adi Perdana yang juga pengusaha muda pada …