Pandemi, Usia Calon KPPS Dibatasi

PASURUAN-PANTURA7.com, KPU Kota Pasuruan memberikan batasan dalam proses rekrutanmen petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Hal ini dilakukan agar calon petugas dalam kondisi sehat dan terhindar dari Covid-19.

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM Nanang Abidin mengatakan, pengumuman perekrutan KPPS sudah disebar sejak 01 – 06 Oktober. Sedangkan penerimaan berkas pendaftaran mulai kemarin, 07 – 13 Oktober 2020.

Rekrutmen ini, lanjutnya, akan berlangsung hingga November mendatang. Terhitung mulai dari tahap Pengumuman Pendaftaran hingga seleksi akhir.

“Penerimaan berkas pendaftaran, perpanjangan pendaftaran, penelitian administrasi, wawancara, tanggapan masyarakat, klarifikasi, dan penyampaian hasil seleksi yang akan diumumkan pada 3 – 10 November,” kata Nanang, Kamis (8/10/2020).

Menurutnya, calon petugas KPPS kali ini dibatasi dengan kategori usia, yakni usia 20-50 tahun sesuai ketentuan. Alasan pembatasan usia, karena usia diatas 50 tahun dinilai rentan terhadap penularan Covid-19.

“Calon petugas juga diwajibkan menyertakan surat riwayat penyakit yang pernah dialaminya,” paparnya kepada PANTURA7.com.

Dalam rekrutmen untuk Pemilihan Walikota – Wakil Walikota Periode 2020 – 2024,  KPU akan merekrut 2.499 petugas KPPS dan 714 petugas perlindungan masyarakat (linmas). “Mereka akan bertugas dalam Pilkada Serentak, 9 Desember mendatang,” pungkas dia.

“Petugas yang direkrut tersebut, nantinya akan disebar di 357 tempat pemungutan suara (TPS). Sebelum ditugaskan, mereka akan di rapid test terlebih dahulu,” tambahnya.

pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan ini akan diikuti  oleh 147.100 DPS yang tersebar di empat kecamatan dengan 34 kelurahan. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Gubernur Khofifah Minta AMSI Jatim Kawal Pertumbuhan 'De Facto Ibu Kota Indonesia'

Baca Juga

Tata Ulang Sejumlah Program, Pj Wali Kota Probolinggo Butuh Rp15 M

Probolinggo,- Kunjungan Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, Minggu sore (17/3/24), dimanfaatkan oleh Pj Wali …