REMBUG: Pertemuan Pj Wali Kota Probolinggo dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jatim (foto: Istimewa).

Gandeng Pemprov Jatim, Pemkot Probolinggo akan Tanam Seribu Pohon Mangga

Probolinggo,- Untuk mengembalikan0 ikon kota, Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo akan melakukan penanaman 1.000 pohon mangga di wilayahnya. Upaya itu kini terbuka lebas dengan menggandeng Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur sebagai upaya program penghijauan kota.

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jatim, Akhmad Ahyani mengatakan, program penghijauan yang direncanakan oleh Pemkot Probolinggo akan mendukung dan lebih memunculkan ikon Kota Probolinggo sebagai kota mangga.

“Untuk penghijauan ini akan direalisasikan dalam waktu dekat dengan lokasi penghijauan di area ruang terbuka hijau, TWSL, dan serta kantor BPBD Kota Probolinggo, dengan penanaman Multi Purpose Tree Species (MPTS) yakni, mangga manalagi,” ujar Ahyani, Kamis (22/3/24).

Tak hanya pohon mangga, rencana penghijauan ini juga akan ditanam pohon pulai (pule) di sepanjang area jogging track jalan tembus Taman Maramis, Gladak Serang, kemudian tepi jalan dan area perkantoran.

“Bantuan berupa penghijauan ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan keindahan kota, menyerap emisi karbon dan juga memberi manfaat langsung ke masyarakat,” imbuh dia.

Sementara, Pj Wali Kota Probolinggo, Nurkholis mengatakan, penghijauan ini dilakukan  sebagai upaya mengembalikan kejayaan masa lalu Kota Probolinggo yang terkenal sebagai kota mangga.

“Saat ini sudah mulai jarang ditemui pohon mangga, jadi penghijauan ini sebagai upaya mengembalikan Kota Probolinggo sebagai kota mangga yang dahulu sempat terkenal,” papae Nurkholis.

Rembug rencana penghijauan di wilayah Kota Probolinggo ini tidak hanya melibatkan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dan Pj Wali Kota Probolinggo, melainkan juga Kalaksa BPBD, Kepala DPUPRPKP, dan Kepala DLH Kota Probolinggo. (*) 

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rohim

Baca Juga  Dua Pekan Operasi Patuh Semeru, Polres Probolinggo Kota Amankan 228 Motor

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …