BPBD Kabupaten Probolinggo, BPBD Provinsi Jatim dan TNBTS memperbaiki pipa rusak. (Foto: Istimewa)

Pipa Diperbaiki, Pasokan Air Bersih di Enam Desa Normal Kembali

Probolinggo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, BPBD Provinsi Jawa Timur, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), bersama warga memperbaiki pipa yang rusak akibat kebakaran savana. Dengan perbaikan ini pasokan air bersih untuk enam desa yang terputus, pada Sabtu (23/9/2023) sore ini diharapkan kembali normal.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Moh. Zubaidulloh mengatakan, akibat kebakaran savana kemarin, saluran pipa air bersih enam desa terputus. Sehingga pasca kebakaran, dilakukan perbaikan pipa.

“Jadi panjang pipa dari Sumber Air Gentong, Kabupaten Lumajang menuju ke Desa Jetak dan Ngadas sejauh 17 kilometer (km). Perbaikan pipa yang rusak ini dilakukan selama dua hari, dengan target sore ini air dapat kembali mengalir,” ujarnya.

Dari rusaknya pipa air bersih tersebut, dampak yang terparah di Desa Ngadas. Dari total panjang pipa 17 km, yang rusak sepanjang 6 km. Untuk perbaikan pipa dilakukan dengan mengganti pipa baru sebanyak 900 pipa berukuran 1 dim.

Sementara, pipa baru yang digunakan untuk mengganti pipa yang rusak selain disiapkan BPBD Kabupaten Probolinggo, juga dibantu BPBD Provinsi Jawa Timur. Diharapkan dengan perbaikan dan pergantian pipa baru ini, pasokan air bersih ke enam desa dapat kembali normal.

“Untuk mengantisipasi pipa terlindas kendaraan, maka di daerah atau titik yang rawan itu pipa ditanam,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran Bukit Teletubbies merembet ke hampir seluruh wilayah di Bromo mulai, di Probolinggo, Malang, Pasuruan, hingga Lumajang. Saluran pipa air bersih yang memasok enam desa pun rusak. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Kunjungi Emy, Kapolresta Probolinggo Janjikan Fasilitasi BPJS Kesehatan

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …