Pemulihan Pasca Bencana Tiris Sasar Infrastruktur

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor yang menerjang 4 desa di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, proses pemulihan kawasan terdampak terus dilakukan. Pemulihan pasca bencana kini menyasar infrastruktur yang sebelumnya porak-poranda.

Komandan Poskotis Penanggulangan bencana alam di Tiris, Mayor Arh Ciptadi menjelaskan, salah satu kawasan terdampak yang menjadi prioritas pemulihan infrastruktur adalah Desa Andung Biru. Di desa, 2 jembatan rusak parah dan sejumlah tiang listrik roboh.

“Kondisi seluruh personil TNI, Instansi dan sukarelawan yang diterjunkan khusus dalam pemulihan desa Andungbiru sampai saat ini dalam kondisi moril tinggi. Poskotis akan terus support kegiatan pemulihan sampai tuntas,” jelas Ciptadi, Rabu (19/12/2018).

Perwira Penghubung Kodim 0820/Probolinggo ini menerangkan, Kegiatan pemulihan selanjutnya akan di fokuskan pada persiapan pemasangan jembatan darurat dari Pemkab Probolinggo. Selanjutnya secara bertahap, infrastruktur lain akan dibangun.

“Mulai hari ini, kami akan lakukan pengerukan batu dan normalisasi sungai di seputar jembatan putus dengan alat berat dan pembuatan bronjong penahan jembatan darurat,” kata dia.

Terpisah, Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo menyebut bahwa masyarakat desa Andungbiru saat ini telah bisa mengakses seluruh ruas jalan desa, aliran Listrik pun sudah normal seperti sebelum bencana. Warga terdampak, imbuh Tutug, juga sudah memulai aktivitas seperti biasanya.

“Aktifitas sudah mukai normal, namun karena memang warga masih trauma pasca bencana, jadi aktivitas masyarakat belum terlihat maksimal,” papar mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo ini.

Dukungan psikologis pasca bencana, menurut Tutug, juga diperlukan oleh warga terdampak. Oleh karenanya, ia akan mengupayakan trauma healing pasca bencana. “Kami akan koordinasi dengan sukarelawan Brigade Penolong Kwarcab Pramuka Probolinggo, mereka mempunyai skill trauma healing pasca bencana,” tutupnya. (*)

Baca Juga  HPN, Walikota Minta Wartawan Jaga Kode Etik 

 

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …