TPS Ditutup, Sampah Berserakan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tumpukan sampah menggunung di tempat pembuangan sampah (TPS) Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Senin (23/9). Penumpukan sampah di TPS timur Pasar Semampir itu, lantaran sampah tak terwadahi setelah TPS ditutup.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo Zaenal Ansori mengatakan, penutupan TPS di Kelurahan Semampir sudah berlangsung sejak 6 hari yang lalu.

“Penutupan tempat sampah itu sudah sejak hari Rabu yang lalu. Penutupan itu karena tempat pembuangan sampah akan kami perbaiki,” kata Zaenal, Senin (23/9).

Penutupan in ternyata tak hanya TPS di Pasar Semampir,  Zaenal menyebutkan, beberapa TPS lainnya yang tersebar di 3 kelurahan di Kecamatan Krakasaan. Seluruh TPS yang ditutup, jelas Zaenal, karena sedang diperbaiki.

“Selain di Semampir, TPS timurnya Taman Makam Pahlawan dan TPS di Patokan juga kami perbaiki saat ini. Isyaallah dalam 20 hari kedepan bisa selesai,” ujarnya.

TPS hasil perbaikannya, lanjut Zaenal, nantinya akan dilengkapi sehingga sampah terlindung dari hujan. “Karena jika sampah terkena hujan, airnya bisa tergenang dan itu akan menimbulkan bau tidak sedap kepada warga yang melintas di sekitar sampah,” jelas Zaenal.

Selain akan memasang atap, Zaenal mengklaim, juga akan membangun tembok tinggi di bagian depan TPS. Hal itu menurutnya, sebagai antisipasi agar warga tidak membuang sampah sembarangan dan seenaknya.

“Jadi nanti TPS-nya akan dibangun tembok pembatas di bagian depannya, agar warga kalau mau buang sampah naik dulu. Jadi tidak asal main lempar saja dari pinggir jalan seperti selama ini,” tuturnya.

Selama TPS tertutup, Amalia Hafsawaty (26) warga sekitar TPS Pasar Semampir berharap, proses pebaikan TPS  cepat selesai. Karena setiap hari, lokasi tersebut selalu dipadati oleh pengguna jalan sehingga menggangu penciuman.

Baca Juga  Walikota Probolinggo Dapat Penghargaan dari Dewan Koperasi Indonesia

“Semoga cepat selesai saja, karena tidak bagus juga sampah-sampah tempatnya di pinggir jalan. Baunya juga sangat menyengat, meskipun sampahnya tidak terkena air,” ucap perempuan 1 anak ini. (*)

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …