GAGAL BERSAING: Bawang merah di sejumlah pedagang di Pasar Bawang Dringu, Kabupaten Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani).

Bawang Merah Probolinggo Tersisih di Kalimantan, Ternyata ini Sebabnya?

Probolinggo,- Bawang merah asal Probolinggo dan sejumlah daerah di Jawa dikabarkan tidak bisa masuk ke Kalimantan karena dibanjiri bawang merah impor asal Thailand. Namun informasi itu ditepis sekaligus diluruskan oleh Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ASMI).

Terbukti bawang merah asal Sulawesi bisa masuk Kalimantan. Bawang Sulawesi bisa menembus Kalimantan karena kualitasnya bagus dan harganya murah.

Informasi bawang merah dari Pulau Jawa termasuk dari Probolinggo tidak bisa masuk Kalimantan awalnya disampaikan aggota DPR RI Komisi VI, M. Sarmuji.

Politisi Partai Golkar itu menyampaikan hal itu saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan.

Sarmuji mengaku, menyampaikan aspirasi dari petani dan pedagang bawang merah asal Probolinggo. Mereka mengeluhkan bawang asal Probolinggo tidak bisa masuk Kalimantan karena dihadang bawang impor.

Masih versi Sarmuji, bukan hanya bawang merah asal Probolinggo yang berdampak, juga bawang merah dari daerah lain di Jawa seperti dari Kediri hingga Brebes yang terdampak bawang impor.

Terkait hal ini, Agung Suryajati, pengurus ABMI dan juga Ketua Paguyuban Pedagang Bawang Merah Pasar Dringu membenarkan, bawang merah impor asal Thailand memang masuk ke Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat.

Agung mengaku, tidak mempermasahkan impor bawang merah impor di Kalimantan itu legal atau ilegal.

Namun sementara ini, pedagang bawang merah Probolinggo tidak bisa mengirim ke Kalimantan karena alasan lain, yang tidak terkait bawang impor.

“Sisi lain bawang merah asal Sulawesi yang saat ini melimpah bisa masuk ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Selain lebih bagus, harganya lebih murah,” ujar Agung, Selasa (19/3/24).

Terlebih lagi, saat ini karena cuaca hujan dan banjir yang mempengaruhi hasil panen bawang merah di Probolinggo. Sehingga bawang merah asal Probolinggo tidak bisa dikirim ke Kalimantan.

Baca Juga  Nyepi, Wisata Gunung Bromo Ditutup 24 jam

Namun, saat bawang merah Probolinggo panen raya, Agung memprediksi akan kembali bisa masuk Kalimantan, khususnya daerah yang memiliki pelabuhan.

“Namun untuk saat ini solusinya bawang merah Probolinggo masih bisa dikirim ke daerah-daerah di seluruh Jawa. Kebetulan saat ini di Jawa Timur harga bawang merah cukup bagus,” beber dia.

Harga bawang merah di Pasar Bawang Dringu, Kabupaten Probolinggo bervariasi tergantung ukuran. Bawang merah ukuran super Rp 25-30 ribu per kilogram (kg), ukuran besar Rp 25 ribu per kg.

Bawang merah ukuran tanggung besar Rp 17-20 ribu per kg, ukuran sedang Rp 14-16 ribu per kg. Terakhir, bawang merah ukuran kecil Rp 10-13 ribu per kg. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …