Proses pengeringan ikan asin yang dilakukan pekerja di Home Industri milik Hj. Khoiriyah, Sumberanyar Paiton Probolinggo

Harga Garam Selangit, Produsen Ikan Asin Probolinggo Menjerit

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kelangkaan garam sejak beberapa pekan terakhir, berdampak kepada pemilik usaha pengasinan ikan di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Sejumlah produsen ikan asin rugi, karena hasil produksi tidak mampu menutupi biaya operasional.

 

Seperti yang diakui Hj. Khoiriyah, pemilik usaha pengasinan ikan asin di Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton. Stok garam yang menghilang di pasaran maupun ditingkat petani, membuat proses pengasinan ikan tersendat.

 

Jika pun menemukan garam, harganya naik dua kali lipat dari Rp.2.000 menjadi Rp.4.000 per kilo gram. Padahal garam merupakan bahan utama dalam bisnis ikan asin, sehingga sangat menentukan kelangsungan produksi ikan asin.

 

“Dalam 1 ton ikan, saya membutuhkan sedikitnya 5 kwintal garam untuk melakukan proses pengasinan. Tapi saat ini kesulitan mendapatkan garam, kalaupun ada harganya mahal” keluh Hj. Khoiriyah kepada PANTURA7.com, Selasa (25/7/2107).

 

Wanita berusia 50 tahun ini menambahkan, sebagai solusi sementara ia memangkas produksi ikan asin dari biasanya 1 ton menjadi maksimal hanya 3 kwintal per hari. Ikan – ikan yang diasinkan, utamanya adalah ikan kecil seperti teri, laying, petek,, dan jambal.

 

Ironisnya, ditengah lonjakan harga garam, harga jual ikan asin justru tidak mengalami kenaikan signifikan. “Ya sebenarnya rugi mas, biaya produksi tidak sebanding dengan hasilnnya. Tapi ya bingung, mau tutup usaha kasihan pekerja” terang Hj. Khoiriyah.

 

Usaha yang telah dirintis sejak lima tahun lalu ini, kini memperkerjakan sebanyak 10 orang perempuan, yang mayoritas tetangganya sendiri. Sementara hasil pengasinan, biasanya dikirim ke sejumlah daerah di Jawa Timur, seperti Banyuwangi, Pasuruan, Malang, Surabaya, hingga Kediri.

 

“Harapannya, pemerintah bertindak cepat mencari solusi persediaan dan harga garam. Kalau gini terus, kita bisa bangkrut” harap Hj. Khoiriyah. (em/ela).

Baca Juga  Menangi Pilkada, HATI Bakal Datangkan Nissa Sabyan

 

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …