Ilustrasi distribusi beras zakat fitrah.

Prediksi Baznas Kabupaten Probolinggo, Beras Zakat Fitrah Bakal Tembus 22 Ton

Probolinggo,- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo terus membuka pintu bagi warga muslim yang ingin membayar zakat fitrah tahun ini. Diperkirakan, akan ada 22 ton beras zakat fitrah yang akan terkumpul.

“Salah satu pengumpulan zakat fitrah ini kamj bekerja sama dengan pemerintah agar ASN bayar zakat fitrahnya ke kami,” kata Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo, H. Ahmad Muzammil, Jumat (15/3/2024).

Prediksi 22 ton tersebut muncul berdasarkan hasil pengumpulan zakat fitrah pada tahun sebelumnya. Pada 2023 lalu, total pembayar zakat fitrah ke Baznas mencapai lebih dari 7.000 orang. Dengan pembayaran zakat fitrah berupa beras sebanyak 3 kilogram per orang.

“Tidak ada target (berapa yang harus terkumpul, red.), namun Baznas selalu berusaha agar para muzakki (pembayar zakat, red.) tetap mempercayakan kepada lembaga resmi. Kalau mengacu tahun 2023, kurang lebih ada 7.600 muzakki,” ujar dia.

Muzammil pun menjelaskan, pembayaran zakat fitrah juga bisa dilakukan menggunakan pembayaran tunai.

Nominal yang dikeluarkan dalam pembayaran tunai ini disesuaikan dengan harga beras yang harus dibayar untuk zakat fitrah.

“Kalau beras 3 kilogram, tapi kalau mau tunai silakan, nanti disesuaikan dengan harga beras saat ini,” ucapnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Tolak Full Day School, KH. Mutawakkil : Jangan Sampai NU Mengepung Istana

Baca Juga

Festival Musik Patrol Semarakkan Ramadhan di Lumajang

Lumajang,- Bulan Ramadhan 2024 di Kabupate Lumajang disemarakkan dengan beragam kegiatan religius. Seperti festival musik …