ILUSTRASI: Bendera Muhammadiyah dan NU (Foto: Istimewa).

Muhammadiyah Tentukan Awal Ramadhan 1445 H, NU Tunggu Rukyah

Probolinggo,- Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1445 Hijriyah yang juga bertepatan dengan tahun 2024. Hal itu berdasarkan hasil hisab Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Probolinggo Sigit Prasetyo mengatakan, berdasarkan hasil hisab, Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan dimulai pada 11 Maret mendatang.

Tak hanya itu, Muhammadiyah juga sudah menetapkan 10 April 2024 bertepatan dengan 1 Syawal 1445 Hijriah (Idul Fitri).

“Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, kami menggunakan metode hisab. Puasa dimulai Senin (11/3/2024) depan,” kata Sigit, Rabu (6/3/24).

Sigit mengatakan, dalam hisabnya, Muhammadiyah tetap memperhatikan posisi bulan. Dari hasil hisabnya, posisi bulan sudah berada di atas ufuk ketika matahari terbenam, Minggu (10/3/2024) mendatang.

“Jadi Minggu malam atau malam Seninnya, itu kami sudah salat tarawih,” ujar dia.

Sementara dari pihak Nahdlatul Ulama (NU), H. Ahmad Muzammil mengatakan, untuk penentuan awal puasa dan Idul Fitri, NU masih akan melakukan rukyat terlebih dahulu.

Hal ini menurutnya, sudah sesuai dengan ajaran nabi Muhammad SAW dan telah menjadi pedoman sejak ratusan tahun yang lalu.

“Perintah nabi, berpuasa itu dengan rukyah, begitupun dengan Idul Fitri. Maka dari itu, NU belum melakukan penetapan, akan rukyah terlebih dahulu,” kata Muzammil, Ketua PCNU Kota Kraksaan.

Ia menjelaskan, pihaknya akan melaksanakan proses rukyatul hilal pada Minggu (10/3/2024) mendatang atau bertepatan pada tanggal 29 Sya’ban 1445 Hijriyah.

Jika hilal berhasil terlihat, maka puasa akan dimulai keesokan harinya, yakni Senin. Sedangkan jika belum terlihat, maka puasa dimulai pada Selasa.

“Rukyah se-Indonesia hari Minggu itu. Jika tidak berhasil melihat bulan, maka istikmal. Artinya Sya’ban genap umur 30 hari,” jelasnya. (*)

Baca Juga  Tak Sampai 100 Hari, Bupati Probolinggo Penuhi Janjinya Resmikan Mal Pelayanan Publik

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochi

Baca Juga

Seru! Ratusan Atlet Ramaikan Mahameru Open Roller Skate ke-3 di Lumajang

Lumajang,- Sekitar 300 peserta dari berbagai daerah meramaikan kejuaraan Mahameru Open Roller Skate ke-3 tahun …