KEMBALI OPERASI: KA Mutiara Timur sebelum diberhentikan operasionalnya. (foto: dok).

KA Mutiara Timur Kembali Dioperasikan untuk Mudik Lebaran 2024

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur dengan relasi Stadiun Ketapang – Surabaya Pasar Turi (PP), mulai tanggal 30 Maret 2024. Pengoperasian KA Mutiara Timur ini untuk mengangkut penumpang arus mudik dan balik.

PT KAI Daop 9 Jember memberhentikan operasional KA Mutiara Timur ini pada 31 Mei 2022, akibat menurunnya penumpang saat pandemi Covid-19.

KA ini mulai dioperasikan pada 6 Maret 1972 dengan melayani penumpang dengan kelas ekonomi dan bisnis. Seiringnya meningkatnya pelanggan, pelayanan dinaikkan menjadi kelas bisnis dan eksekutif.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro mengatakan, setelah hampir dua tahun tidak beroperasi, KA Mutiara Timur akhirnya kembali beroperasi untuk melayani penumpang dengan relasi Stasiun Ketapang-Stasiun Surabaya Pasar Turi.

“Untuk jadwal keberangkatan KA Mutiara Timur ini sementara akan beroperasi di tanggal-tanggal tertentu yakni, dari Stasiun Ketapang tanggal 30-31 Maret, dan 8-12 April berangkat dari Stasiun Ketapang pukul 21.45 WIB, dan tiba di Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 04.21 WIB,” ujar Cahyo, Rabu (6/3)24).

Kemudian keberangkatan dari Stasiun Surabaya Pasar Turi yakni 31 Maret dan 9 – 13 April dengan jam keberangkatan pukul 08.55 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 15.45 WIB.

Nantinya KA Mutiara Timur akan membawa tujuh kereta kelas ekonomi dan satu kereta makan dengan kapasitas 528 tempat duduk.

“Pengoperasian kembali KA Mutiara Timur ini bertepatan dengan momen angkutan Lebaran 2024. Ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat dari Daop 9 yang hendak menuju Surabaya atau sebaliknya, serta KA ini dapat menjadi alternatif bagi penumpang yang belum kebagian tiket angkutan Lebaran,” bebernya.

Sampai tanggal 6 Maret 2024 mulai H-10 hingga H+9, total tiket yang dipesan untuk keberangkatan dari Daop 9 Jember sebanyak 46.625 tiket. Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah. (*)

Baca Juga  Pemkab Probolinggo Larang Pegawai Tambah Cuti Lebaran, Ada Sanksi bagi Pelanggar

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …