TERPUTUS: Warga menunjukan saluran pipa air di akses wisata Air Terjun Madakaripura yang terputus. (foto: Hafiz Rozani).

Banjir Bandang di Madakaripura Putus Pipa Air, 300 KK Kesulitan Air Bersih

Probolinggo,- Banjir bandang yang terjadi di aliran sungai Air Terjun Madakaripura, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, tak hanya mengakibatkan akses wisata terputus.

Namun, juga mengakibatkan pipa air bersih terputus. Akibatnya, pasokan air bersih warga di sejumlah dusun terhenti.

Hal tersebut disampaikan warga Desa Negororejo, Sukisno. Ia menyebut, pipa air bersih juga terputus. Akibatnya sekitar 300 kepala keluarga (KK) terdampak tidak bisa mendapatkan air bersih.

“Jadi akibat kejadian kemarin, ada sejumlah dusun dan desa yang terdampak, di antaranya Dusun Negororejo, Dusun Kunci, Dusun Branggah, Dusun Krajan, dan Dusun Karang Loh, serta sebagian desa di wilayah Kabupaten Pasuruan,” ujar Sukisno, Senin (29/1/24).

Untuk sementara, sejumlah warga tengah memperbaiki pipa yang rusak. Untuk memenuhi kebutuhan air, warga sementara memanfaatkan air hujan.

“Karena masih diperbaiki, ya untuk sementara, menggunakan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Sukisno.

Hal senada disampaikan warga Negororejo lainnya, yakni Slamet. Dikatakan sejak pipa air bersih putus, warga kesulitan mendapat air bersih.

“Putusnya pipa air bersih ini bersamaan dengan putusnya akses menuju air terjun. Jadi sementara warga menggunakan air hujan atau mengambil air di sumber lain sembari menunggu perbaikan pipa,” ujarnya.p

Diketahui, pada Sabtu sore (27/01/24) sungai aliran Madakaripura di Kecamatan Lumbang meluap karena banjir bandang. Akibat kejadian ini, akses jalan menuju Madakaripura putus di tiga titik. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Warga Lereng Bromo Gotong Royong Bersihkan Jalur Evakuasi Badan Pesawat Jatuh

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …