DIRESMIKAN: Walikota dan Forkopimda meresmikan pos perlintasan JPL 03, Jalan S. Parman (Foto: Istimewa).

Tiga Perlintasan KA di Kota Probolinggo Diresmikan, Akan Tambah Dua Lagi

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo telah meresmikan pembangunan tiga pos perlintasan kereta api (KA) yang dibangun oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo.

Peresmian tiga pos perlintasan kereta api ini dilakukan pada Jumat pagi (26/01/24) secara simbolis di JPL 03, Jalan S. Parman, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan.

“Alhamdulillah, pos perlintasan kereta api di Jalan S. Parman ini sudah terpasang, sehingga keselamatan warga dapat terjaga, karena pos perlintasan kereta api merupakan prioritas kami, sehingga jangan sampai ada korban,” ujar Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin usai peresmian.

Pos pelintasan kereta api di Jalan S. Parman ini kondisinya naik. Sehingga warga, maupun pengguna kendaraan saat hendak melintas pandangan ke depan terhalang.

Dengan telah beroperasinya 3 pos perlintasan ini, dapat membantu warga yang melintas.

“Selain itu, saya juga berterima kasih kepada relawan bernama Pak Subali, yang dengan menggunakan tali menjaga perlintasan kereta api ini, sehingga dapat membantu warga, dan mencegah terjadinya kecelakaan,” imbuh Wali Kota.

Kepala Dishub Kota Probolinggo, Agus Effendi mengatakan, pembangunan tiga pos perlintasan kereta api ini bisa dibangun karena adanya rekomendasi dari Direkrotar Jenderal Perkeretaapian (DJKA).

Di Kota Probolinggo, menurut Agus, ada sembilan titik perlintasan tanpa palang pintu, yang harus menjadi perhatian bersama.

“Setelah dibangunnya tiga pos perlintasan ini, secara bertahap kami akan mengajukan permohonan agar dapat memperoleh rekomendasi. Kami rencanakan akan dibangun dua pos perlintasan lagi,” ujarnya.

Rencana pembangunan dua pos perlintasan tersebut yakni, di Jl. Amir Hamzah, Kelurahan Kedungasem, serta satu pos perlintasan lagi juga di kelurahan yang sama.

“Komitmen Walikota Probolinggo akan keselamatan pengguna jalan dan kepedulian keselamatan perkeretaapian membuat Pemkot Probolinggo, melalui Dishub Kota Probolinggo meraih Railway Safety Award,” imbuhnya.

Baca Juga  Kasus Korupsi Dana Hibah Rp 32 M, Kejaksaan Didesak Limpahkan ke KPK

Diketahui, selain pos perlintasan kereta api di Jalan S. Parman, yang sudah diresmikan, dua pos perlintasan yang juga pembangunannya telah rampung.

Yakni, pos perlintasan JPL 190, Jalan Flamboyan, Kelurahan Pilang dan pos perlintasan JPL 05, Jalan Sunan Muria, Kelurahan Kebonsari Wetan. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …