Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni alias Yuyun. (foto: Kominfo Pemkab Lumajang).

Pj Bupati Lumajang ‘Warning’ Pemdes, Diminta Aktif Bantu Pencegahan Stunting

Lumajang,- Pamerintah desa dan kelurahan di Kabupaten Lumajang diminta untuk berpartisipasi aktif dalam menurunkan angka stunting melalui gebrakan dan inovasi.

“Untuk desa dan kelurahan yang paling penting untuk menurunkan angka stunting, harus melakukan gebrakan dan inovasi,” ucap Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni atau Yuyun, Selasa (9/1/2024).

Menurut Yuyun, langkah-langkah itu harus segera dilakukan agar penurunan angka stunting di Kabupaten Lumajang lekas terealisasi.

Selain itu, imbuh dia, upaya penurunan stunting bisa dilakukan di level desa atau kelurahan dengan menggerakkan partisipasi langsung masyarakat. Sehingga, desa atau kelurahan bisa berkontribusi melalui beragam inovasi dan program.

“Inovasi penurunan stunting bisa jadi salah satu praktik dalam rangka menurunkan angka stunting baik di desa atau kelurahan,” papar dia.

Yuyun meminta pemerintah desa untuk memperhatikan indikator-indikator yang bersifat sensitif dalam menurunkan stunting. Menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi berbasis masyarakat harus dikembangkan.

“Bahwa desa harus stop buang air besar sembarangan, sanitasi berbasis masyarakat harus dikembangkan, kebersihan lingkungan dijaga dan jaminan ketersediaan air bersih, itu penting untuk mencegah stunting,” pungkasnya. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  PJU Baru Dihantam Truk Muat Galon, Dishub Minta Ganti Rugi Penuh

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …