BANTUAN PUPUK: Puluhan pupuk yang disiapkan Pemkab Lumajang untuk para petani setempat. (foto: Asmadi)

Tingkatkan Produktivitas Tembakau, Pemkab Lumajang Gelontorkan Pupuk dan Pompa Air bagi Petani

Lumajang,- Untuk membantu petani meningkatkan produktivitas hasil tembakau, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk memborong 46,5 ton pupuk dan pompa air.

Kabid Perkebunan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang, Mamik Woroarijati mengatakan, ada 46,5 ton pupuk, yang terdiri dari 32,15 ton NPK, ZA 10 ton dan ZK 4,5 ton, yang diborong menggunakan DBHCHT.

“Pupuk akan didistribusikan untuk 20 kelompok tani di 9 kecamatan se-Kabupaten Lumajang. Juga ada puluhan pompa air yang digunakan untuk mempermudah petani dalam mendapatkan air saat masa kekeringan ini,” kata Mamik, Rabu (22/11/2023).

Petani tembakau ini mendapat bantuan pupuk secara bertahap menurut varietas tembakau yang ditanam. Pada varietas tembakau lain, DKPP akan melakukan perhitungan agar alokasi anggaran tepat sasaran.

“Tahap awal untuk tahun 2023 ini kita alokasikan untuk varietas White Burley yakni total kurang lebih 46,5 ton. Sedangkan untuk Kasturi dan Lokal akan kita hitung dari anggaran PAK ini. Kalau hitungan kami nanti akan kita alokasikan untuk tembakau kasturi rajangan yang bermitra,” jelas dia.

Pihaknya, dijelaskan Mamik, akan terus melakukan evaluasi dalam teknis penyaluran bantuan pupuk yang bersumber dari DBHCHT. Pihaknya ingin agar seluruh petani tembakau di Kabupaten Lumajang dapat merasakan manfaatnya.

“Tentu sistem ini dapat menjaring seluruh petani dan kami akan berupaya setiap tahun selalu memperbaiki sistem ini sehingga alokasinya lebih tepat waktu,” ungkap dia.

Ia berharap, dengan adanya bantuan dari DBHCHT ini, bisa membantu petani tembakau di kota pisang menjaga dan meningkatkan produktivitas tembakau meski saat ini lahan pertanian banyak dilanda kekeringan.

“Semoga dengan adanya bantuan dari DBHCHT ini dapat membantu dan bisa membuahkan hasil panen tembakau yang sesuai dengan yang diharapkan oleh petani tembakau lumajang,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Maling Spesialis Uang Kotak Amal di Lumajang Tertangkap, Beraksi di 46 TKP

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …