DIKERJAKAN: Salah satu dari tiga pos perlintasan KA yang dibangun Dishub Kota Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani).

Tiga Pos Perlintasan dan Palang Pintu KA Mulai Dibangun, Telan Anggaran Rp570 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo mulai membangun 3 pos perlintasan Kereta Api (KA) di 3 titik. Selain itu, Dishub juga mengganti palang pintu pos perlintasan JPL 189 dengan sistem otomatis.

Tiga titik pembangunan pos perlintasan kereta api tersebut berada di Jalan Flamboyan, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan; Jl. S. Parman, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan; dan Jl. Sunan Muria, Kelurahan Kebonsari Wetan, Kecamatan Kedopok.

Tiga titik pos perlintasan ini udah mulai dikerjakan dengan diawali pembangunan pos perlintasan terlebih dahulu.

Kabid Lalu Lintas Angkutan Jalan Dishub Kota Probolinggo, Purwanto Novianto mengatakan, pembangunan 3 pos perlintasan ini menggunakan dua sumber pendanaan.

Pembangunan pos perlintasan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), sedangkan palang pintu dibangan dengan dana Perubahan Anggaran Keuangan (PAK).

“Meskipun berasal dari dua sumber pendanaan, namun pengerjaannya dilakukan bersamaan yakni pada tahun 2023. Terlebih dahulu dibangun pos perlintasan beserta kelistrikan, kemudian dilanjutkan untuk pemasangan palang pintunya,” ujar Purwanto, Jum’at (17/11/23).

Ia menyebut, dibangunnya 3 pos perlintasan demi menjaga keselamatan dan keselamatan pengguna jalan. Selain karena jalur padat, kecepatan KA di tiga wilayah ini sudah ditingkatkan, dari 60 kilometer (km) menjadi 100 km/jam.

Anggaran pembangunan 3 pos pelintasan KA berikut palang pintunya menjelang anggaran Rp570 juta. Rinciannya, Rp192 juta untuk pembangunan 3 titik gedung pos jaga dan Rp378 juta untuk biaya pemasangan 3 titik palang pintu.

“Selain pembangunan pos perlintasan kereta api di 3 titik, kita juga melakukan penggantian palang pintu pos perlintasan Pilang dengan perlintasan otomatis sesuai standart Kementerian Perhubungan. Perlintasan sebelumnya, selain terlalu panjang, juga sering tertabrak kendaraan,” beber Purwanto.

Purwanto menambahkan, pengerjaan 3 pos perlintasan ini ditarget rampung sebelum menyusun pergantian tahun. “Ditargetkan rampungnya akhir Desember,” imbuhnya. (*)

Baca Juga  2 Nakes Reaktif, Puskesmas Ketapang Ditutup Sepekan

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …