ERUPSI: Kondisi Gunung Semeru saat mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG), Rabu (8/11/23) siang. (foto: Asmadi).

Waspada! Gunung Semeru Luncurkan APG dengan Durasi 142 Detik

Lumajang,- Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang kembali meluncurkan awan panas guguran (APG), Rabu (8/11/23), sekitar pukul 10.53 WIB. APG kali ini terlontar sejauh satu kilometer.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Patria Dwi Hastiadi menyampaikan, luncuran APG itu mengarah ke wilayah Besuk Konokan dengan amplitudo maksimal 22 milimeter dan berdurasi 142 detik.

Sementara di puncak Jogring Saloko, teramati kolom abu putih kelabu dengan ketinggian 700 meter. “Teramati APG dengan jarak luncur satu kilometer mengarah ke tenggara atau Besuk Kobokan,” kata Patria.

Sementara dampak dari APG Gunung Semeru, ujar Patrian, belum ada dampak signifikan. Sebab, jarak luncurnya masih berada di kawasan kategori aman.

“Dampak sejauh ini tidak ada, laporan ada hujan abu juga belum kami terima. Jarak luncurnya pun masih ada di zona aman,” ungkapnya.

Patria menjelaskan, beberapa tim dari BPBD Lumajang sudah melakukan kesiapsiagaan di pos pantau Curah Kobokan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi APG susulan.

Disamping itu, Patria juga terus menghimbau masyarakat sekitar Gunung Semeru agar senantiasa waspada. Sebab, hingga saat ini, status gunung api tertinggi di Pulau Jawa ini masih berada di Level III Siaga.

“Kami imbau warga untuk terus waspada dan tidak beraktifitas di sekitar lereng Gunung Semeru sesuai dengan rekomendasi PVMBG mengingat status Gunung Semeru masih berada pada level siaga III,” pungkasnya. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Kompaknya Warga Lumajang, Gotong-royong Bersihkan Lumpur Endapan Banjir

Baca Juga

Banjir Lahar Hujan Susulan Hantui Warga Lereng Semeru Lumajang

Lumajang,- Banjir lahar hujan Gunung Semeru yang menerjang sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS), Rabu (24/4/2024), …