EKSOTIK: Seorang wisatawan tengah berwisata di Air Terjun Antrukan Pawon, Gucialit, Lumajang. (foto: Asmadi)

Wisata Air Terjun Antrukan Pawon, ‘Hidden Paradise’ di Kabupaten Lumajang

Lumajang,- Destinasi wisata di Kabupaten Lumajang, tidak hanya Air Terjun Tumpak Sewu, Ranu Pani, dan Puncak B-29, yang selama ini cukup familiar. Banyak objek wisata lain yang belum banyak dikenal meski panorama alamnya tak kalah eksotik.

Salah satunya adalah objek wisata Air Terjun Antrukan Pawon yang terletak di Dusun Kertowono, Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit. Objek wisata ini, bisa dibilang sebagai ‘Hidden Paradise’ di Lumajang.

Di objek wisata ini, wisatawan bisa menikmati panorama sekaligus mandi air terjun dari dalam gua. Di sekeliling air terjun, menjulang kokoh tebing melingkar dan pancaran cahaya sehingga menambah eksotika alam.

Untuk menuju ke lokasi ini, para wisatawan harus menempuh jarak sekitar 19,5 kilometer dengan waktu tempuh mencapai 45 menit–1 jam perjalanan dari pusat kota Lumajang.

Wisata Air Terjun Antrukan Pawon ini, buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Wisata ini bebas tiket, pengunjung ketika tiba di lokasi hanya dikenai tiket parkir kendaraan, yakni Rp5 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp10 bagi kendaraan roda empat.

“Luar biasa, keindahan alam yang sempurna. Suasananya juga sejuk sehingga benar-benar fresh jika datang kesini,” kata salah satu pengunjung, Ikone Art, Minggu (5/11/23).

Salah satu jak yang membuat objek wisata ini ramai, adalah adanya sejumlah fasilitas pendukung bagi para wisatwan merasa. Alhasil, wisatawan benar-benar merasa nyaman ketika berada di area wisata.

“Disini ada area parkir untuk kendaraan roda dua maupun roda empat, jadi pengunjung tidak perlu repot mencari tempat parkir,” imbuh Ikone.

Jika serasa kelelahan dan ingin istirahat, para wisatawan tidak perlu khawatir. Sebab, di area Antrukan Pawon ada fasilitas beristirahat yang disediakan  pengelola untuk wisatawan.

Baca Juga  Bromo Ditutup, Wisatawan Nekad Diputar Balik

Selain itu, ada toilet untuk para wisatawan dan tempat ibadah yang tidak jauh dari lokasi air terjun. Jika lapar, pengunjung cukup datang ke rumah makan yang berada di sekitar area wisata.

Bagaimana? rekomended untuk mengisi liburanmu kan? (*)

 

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …