TENGGELAM: Salah satu korban saat dievakuasi ke RSUD dr. Mohamad Saleh menggunakan ambulans. (foto: Hafiz Rozani).

Asyik Berenang di Pantai Perikanan Mayangan, Dua Bocah Tenggelam

Probolinggo,- Dua bocah asal Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, tenggelam saat berenang di wisata Pantai Perikanan Mayangan (PPM), Minggu pagi (5/1/23). Saat ditemukan, satu dari dua anak tersebut tak sadarkan diri lalu meninggal dunia.

Dua anak malang tersebut berinisial A-J (8) dan A-V (8), warga Jl. Flamboyan, Kelurahan Pilang. Sebelum tenggelam, kedua anak ini datang ke PPM bersama orang tuanya dan kemudian berenang di pantai.

Tak lama berselang, sekitar pukul 10.00 WIB, kedua bocah terlihat berada di tengah dan tiba-tiba meminta tolong. Warga yang melihat keduanya lalu bergegas untuk memberikan pertolongan.

“Saat itu saya melihat ada anak mengkode meminta pertolongan, kemudian setelah dievakuasi, anak tersebut mengaku bahwa masih ada temannya yang juga tenggelam di lokasi,” cerita saksi kejadian, Supriadi.

Setelah A-J berhasil dievakuasi, warga bersama petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo, melakukan pencarian hingga akhirnya A-V berhasil ditemukan dalam kondisi tak sadarkan diri.

Korban kemudian dievakuasi ke pinggir pantai dan mendapatkan pertolongan pertama. Namun nyawa A-V tetap tak tertolong, dan meninggal saat mendapat perawatan di RSUD dr. Mohamad Saleh.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo mengatakan, pihaknya sejatinya langsung bergerak begitu mendapat laporan adanya anak tenggelam di Pantai Mayangan.

Kebetulan saat itu, ada sejumlah atlit Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) sedang berlatih. Bersama petugas BPBD, atlit menyisir perairan sekitar lokasi hingga akhirnya korban ditemukan.

“Dua anak ini ditemukan dengan jarak, 400 hingga 500 meter ke arah selatan dari tempat atlit PODSI latihan. Setelah dievakuasi, keduanya sempat mendapat pertolongan dari petugas BPBD, selanjutnya dibawa ke RSUD dr. Mohamad Saleh,” ujarnya.

Baca Juga  Leces, Satu-satunya MUI Kecamatan di Probolinggo yang Belum Gelar Musda

Sugito mengimbau, warga yang membawa anaknya berenang di pantai agar senantiasa diawasi. “Tidak usah sungkan jika ingin meminta pertolongan kepada petugas,” pesannya. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …