HANGUS: Toyota Kijang tampak hangus terbakar saat antre isi BBM. (foto: Asmadi)

Asyik Antre BBM, Toyota Kijang Hangus Terbakar di SPBU Besuk Lumajang

Lumajang,- Toyota Kijang dengan nomor polisi P 1209 IE, terbakar saat antre mengisi BBM di SPBU Besuk, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Senin (9/10/2023), sekitar pukul 12.00 WIB. Diduga, sumber api berasal dari konsleting arus pendek.

Awalnya, mobil yang disopiri oleh Rizki Dwi Ridho (24), warga Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang itu mengantre untuk mengisi Bahan Bakar (BBM) jenis pertalite.

Rizky membeli BBM dalam jumlah banyak itu dijual kembali di rumahnya. Namun saat tengah asyik antre itulah, tiba-tiba muncul percikan api dari kabin belakang dalam mobil atau disela-sela tumpukan jeriken.

Petugas SPBU yang melihat kejadian itu, langsung melakukan penyelamatan pertama dengan mendorong mobil menjauh dari tangki BBM dibantu warga. Selain itu, pemadaman dilakukan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Namun si jago merah kadung berkobar dan terus membesar, bahkan melalap seluruh bodi kendaraan. Petugas SPBU dan warga pun akhirnya kewalahan memadamkan api.

“Kendaraan kijang itu tiba-tiba mengeluarkan percikan api, apinya semakin membesar, ya saya dan warga yang lain langsung mendorong mobil itu,” kata salah satu pengendara motor yang ikut antri di SPBU, Solihin.

Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) yang didatangkan untuk memadamkan api, juga tidak bisa berbuat banyak. Sebab api telah membakar mobil selama lebih dari 30 menit.

Selain angin kencang, kebakaran sulit dikendalikan karena dibagian belakang mobil terdapat sejumlah jeriken yang biasa digunakan korban untuk kulak BBM.

“Penanganan hampir 30 menit. Alhamdulilah api tidak merambat ke titik lain karena petugas kami langsung sigap melakukan pemadaman,” ujar petugas Damkar di lokasi kejadian, Zainuri.

Tidak hanya melalap seluruh bagian mobil, musibah itu juga membuat korban harus merelakan uang tunai Rp7 juta dan sebuah telepon genggam miliknya hangus lantaran tidak sempat diselamatkan.

Baca Juga  Ada Longsor, Jalur Piket Nol Lumajang Dibuka-tutup

“Alhamdulillah korban jiwa tidak ada, pengemudi berhasil menyelamatkan diri Begi mengetahui api semakin membesar. Dugaan awal, mungkin terjadi konsleting arus pendek,” cetus Zainuri. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Kurang dari 2 Jam, Gunung Semeru Erupsi Empat Kali

Lumajang,- Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, alami empat kali erupsi, Senin (13/5/24/) dinihari. …