GADING-PANTURA7.com, Hujan yang disertai angin kencang terjadi di wilayah Kabupaten Probolinggo, pada Rabu (11/12) sore. Akibat kejadian ini, 5 rumah warga di Dusun Belimbing, Desa Gading Wetan, Kecamatan Gading, rusak pasca disapu angin.

Lima rumah yang diterjang angin diketahui milik Johari (55), Hasin (56) Subaida (41) Abdul Gani (45) dan Andri Priyanto (35) yang seluruhnya berada di Dusun Blimbing, RT 03, RW 06 Desa Gading Wetan, Kecamatan Gading.

Informasi yang diperoleh, angin kencang disertai gerimis yang menerjang pemukiman tersebut tejadi sekitar pukul 13.30 WIB. Kumparan angin berwarna gelap terlihat berputar dan menerbangkan genteng rumah penduduk.

“Anginnya sangat kencang, warnya juga terlihat hitam dan berputar. Saat itu saya lagi di dalam rumah, setelah mendengar suara angin dan benda jatuh, saya keluar,” kata Sunar, istri dari Johari saat ditemui di rumahnya.

Sementara, Kepala Desa Gading Wetan, Supriyono mengatakan, setelah kejadian itu ia melihat beberapa rumah mengalami kerusakan dengan kategori ringan hingga sedang. Rata-rata, kerusakan terjadi pada atap dan asbes rumah.

“Yang rusak sedang masih dua rumah warga milik Johari dan Hasin, yang rata-rata rusaknya di bagian atap dan genteng rumah. Ada juga asbesnya terbawa angin lalu berjatuhan,” ujar Supriyono.

Beruntungnya, lanjut Supriyono, kejadian angin kencang yang menerjang rumah warga Desa Gading Wetan tidak mengakibatkan korban jiwa. Akan tetapi, menurutnya, pepohonan juga banyak yang tumbang.

“Kalau di dusun lainnya tidak ada, baru di Dusun Blimbing terjangan anginnya merusak rumah. Sementara pohon yang tumbang, bukan pohon yang berada di pinggir jalan melainkan terletak dia area persawahan,” tutup Kades saat meninjau rumah warganya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT