Banjir Kepulungan, 2 Tewas, 52 Mengungsi, 8 Rumah Rusak

GEMPOL-PANTURA7.com, Banjir bandang di Dusun Genuk Watu, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan mengakibatkan korban jiwa dan harta. Pemkab Pasuruan melaporkan, dua warga tewas dan delapan rumah rusak berat (ambruk).

Selain itu Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, sebanyak 52 orang mengungsi.

Dikatakan Rabu malam, Bupati Pasuruan melalui BPBD memerintahkan untuk membantu korban banjir berupa terpal, selimut, makanan dan lain-lain.

“Sudah kita bantu dan terus kita bantu selama ada di pengungsian,” kata Anang mendatangi lokasi banjir, Kamis (04/02/2021).

Selain itu, kata Anang, kepala desa sudah diperintahkan untuk mendata, membuka rekening, dan segera akan dibuatkan SK Bupati.

“Nanti akan ditransfer langsung ke korban-korban yang rumahnya terdampak,” ujarnya.

Anang menambahkan, saat ini pihaknya masih proses asesmen, terkait dampak kerugian masyarakat, terutama rumah yang roboh dan lain-lain. Pihaknya juga akan segera melakukan penanganan darurat sesuai perintah dari Bupati Pasuruan.

Jadi, meski sungai tersebut wewenang provinsi, pemkan akan menangani bersama BBWS dan juga dari BPBD Provinsi Jawa Timur.

“Yang bisa kami lakukan dari pemerintah kabupaten hanya pembersihan saluran-saluran dan yang lain-lain dan sudah kami koordinasikan dengan pemerintah desa setempat,” jelasnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: A. Zainullah FT


Baca Juga  Pikap ‘Nyemplung’ ke Sungai, 5 Penumpang Selamat

Baca Juga

Jembatan Hancur Diterjang Banjir Lahar Hujan, Warga Lumajang Bangun Jembatan Bambu

Lumajang,- Warga Dusun Tengir, Desa/Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, membangun jembatan alternatif dari bambu untuk memulihkan …