DIBELI: Truk pasir beroperasi di area Stockpile Terpadu Lumajang, yang lahannya masih status sewa. (foto: Asmadi)

Perumda Lumajang Segera Akuisisi Lahan Stockpile Terpadu Milik PTPN

Lumajang,- Masa sewa lahan milik PT. Perkebunan Nusantara atau PTPN yang disewa oleh Perusahaan Daerah (Perumda) Lumajang, beberapa hari lagi akan berakhir.

Perumda Lumajang menyewa lahan tersebut untuk lahan Stockpile Terpadu yang berada di Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko.

Di bulan yang sama, Bupati dan Wakil Bupati Lumajang akan purna tugas pada 24 September 2023. Uniknya, masa sewa lahan Stokpile Terpadu akan berakhir pada akhir Bulan september.

Plt. Direktur Utama Perumda Semeru Kabupaten Lumajang, Moch. Bahrul Wahid membenarkan jika sewa Stockpile Terpadu akan habis di akhir bulan ini.

“Iya benar lahan Stockpile Terpadu yang kita sewa, milik PTPN akan habis akhir bulan September tahun ini. Makanya, akan ada proses perpanjangan untuk kedepanya,” kata Bahrul, Selasa (19/9/2023).

Bahrul menyampaikan, keberlanjutan Stockpile Terpadu sangatlah penting. Sebab, selain bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pasir, Stoklckpile Terpadu juga berdampak pada peningkatan perekonomian warga.

“Jadi proses pembahasan perpanjangan sewa lahan sudah dilakukan antara Perumda dengan PTPN. Malahan proses yang kita lakukan bersama bukan hanya sewa-menyewa namun mengarah ke pembelian lahan milik PTPN itu,” ujar dia.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, di tahun 2024 yang akan datang, lahan milik BUMN itu akan dibeli untuk tempat penitipan pasir Lumajang.

“Yang jelas, ini sudah proses. Kedepan, saya berharap tahun depan lahan yang dipakai stockpile terpadu sudah jadi milik atau aset Pemkab Lumajang,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Selesai Direvitalisasi, DKUP Segera Masukkan Pedagang ke Dalam Pasar Baru 

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …