KOMPAK: Warga mengarak miniatur Kuda Jingkrak berbahan tahu dalam Festival Banjir Tahu. (Foto: Asmadi)

Ada Tradisi Unik di Lumajang, Festival Banjir Tahu

Lumajang,- Kabupaten Lumajang tidak hanya dianugerahi ragam sumberdaya alam indah dan melimpah, namun daerah yang berjuluk Kota Pisang ini juga memiliki tradisi unik yang berkembang di masyarakat.

Seperti yang dilakukan masyarakat Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir, Minggu (10/9/2023). Warga menggelar Festival Banjir Tahu untuk mengungkapkan rasa syukur.

Warga Desa Kunir, Romli (39) mengatakan, festival ini menjadi salah satu ajang unjuk menggali potensi lokal, selain sebagai bentuk mengungkapkan rasa syukur.

Masyarakat Desa Kunir Kidul selama ini dijelaskan Romli, dikenal sebagai produsen tahu. Bahkan tahu hasil produksi dari desa itu merupakan salah satu yang terbaik di Lumajang.

“Acara ini memang sangat istimewa, memang diselenggarakan untuk masyarakat Desa Kunir Kidul, sebagai tanda rasa syukur kita semua,” kata Romli.

Romli mengatakan, meski namanya Festifal Banjir Tahu, namun ada juga beberapa tumpeng yang menjadi ajang rebutan warga hingga acara selesai.

“Alhamdulillah, selain ada tahu, acara ini juga disediakan beberapa tumpeng yang nantinya siap untuk diperebutkan warga,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Lumajang Thoriqul Haq atau Cak Thoriq mengaku sangat mengapresiasi Festival Banjir Tahu yang diselenggarakan di lapangan Desa Kunir Kidul itu.

Menurut Cak Thoriq, festival tersebut merupakan salah satu potensi lokal yang perlu dilestarikan. Bahkan, sambungnya, festival ini juga bisa dicontoh oleh masyarakat desa lain demi lestarinya kearifan lokal.

“Tentunya saya sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan satu tahun sekali ini, karena selalu diselenggarakan dengan meriah. Ini akan menjadi potensi lokal Lumajang, yang tentunya kearifan lokal ini akan terus kita jaga,” bebernya.

Cak Thoriq berharap, agar Festival Banjir Tahu tidak hanya sekedar ajang hiburan semata. Melainkan juga dapat mensejahterahkan masyarakat, utamanya para produsen tahu dan UMKM di Desa Kunir Kidul.

Baca Juga  Komisi Informasi Jawa Timur Kunjungi PPID Kabupaten Lumajang

“Semoga kedepan, produksi tahu Desa Kunir Kidul ini menjadi produk UMKM masyarakat setempat sehingga, bisa memutar perekonomian warga,” pungkas dia. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …