Petugas damkar Pemkot Probolinggo memadamkan api yang membakar dapur.

Dipicu Sisa Api Tungku, Rumah Warga Mangunharjo Terbakar

Probolinggo – Diduga pemilik rumah kurang sempurna mematikan tungku usai memasak nasi, sebuah dapur rumah di Jalan Patimura, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo terbakar. Beruntung petugas pemadam kebakaran datang dengan cepat sehingga api tak sampai membakar rumah induk.

Warga sekitar Dimas (33) mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu ia sedang duduk di sekitar rumah Siar (67). Tiba-tiba, api muncul dari bagian belakang rumah. Ia spontan memadamkan api dengan alat seadanya.

“Saat kebakaran terjadi, pemilik rumah sedang tidak ada di rumah. Karena api muncul saya bersama teman kemudian spontan memadamkan api yang membakar dapur,” ujarnya.

Sementara pemilik rumah, Siar mengatakan, sebelumnya ia memang memasak nasi dengan menggunakan tungku. Setelah nasi matang, tungku kemudian dimatikan. Ia kemudian berangkat untuk mencari penumpang dengan becaknya.

“Sebelum saya tinggal, tungku tersebut sudah benar-benar saya matikan. Kemudian saya tinggal ke perempatan untuk mencari penumpang. Tak lama kemudian, saya dikabari bahwa dapur rumah saya terbakar,” ujarnya.

Setelah mendapat laporan, dua unit mobil damkar milik Pemkot Probolinggo Kota tiba di lokasi dan langsung memadamkan api yang membakar dapur. Tak butuh waktu lama, dapur yang terbakar berhasil dipadamkan. Sehingga api tak sampai membakar rumah induk dan rumah warga lainnya.

Kasi Damkar Pemkot Probolinggo, Abdullah mengatakan, setelah mendapat laporan pihaknya kemudian menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran. Tidak sampai 30 menit, api berhasil dipadamkan.

“Pemadaman dapur yang terbakar membutuhkan waktu sekitar 10 menit, sehingga api tak sampai merembet ke bangunan lain,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Harga BBM Naik, Angdes-MPU Kompak Naikkan Tarif

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …