Hutan Bentar Terbakar, 8 Hektar Lahan Hangus 

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Bukit Bentar di Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo terbakar pada Senin (22/7) siang. Akibat kebakaran itu, 8 hektar lahan di bukit yang ditumbuhi jutaan Pohon Kesambi itu hangus.

Data yang dimiliki PANTURA7.com, api mulai terlihat pada sekira pukul 13.00 Wib. Hal itu diketahui oleh petugas TNI dan polisi hutan yang sedang patroli. Asap pekat yang ditimbulkan bahkan terlihat dari jalur pantura.

Lokasi dan medan yang sulit, membuat petugas dari anggota Kodim 0820 dan polisi hutan kesulitan memadamkan api. Sebaliknya, si jago merah terus merambat diantara dedaunan dan semak-semak kering.

Kesulitan lain, angin yang berhembus cukup kencang membuat petugas harus berhati-hati. Sehingga para petugas memadamkan api menggunakan alat seadanya seperti dahan pohon dan dedaunan.

Menurut Anggota Kodim 0820 Serda Gimun, api dengan cepat meluas karena panas yang terik dan angin kencang serta daun kering yang menumpuk. Ia sendiri menduga api bersumbar dari reaksi kimia daun kering yang terkena panas matahari.

“Faktor angin dan banyaknya daun kering membuat lahan mudaj terbakar. Perkiraan saya, 8 dari luas lahan 80 hektar terbakar,” ucapnya pada awak media.

Terpisah, Pelaksana Harian Resort Pemangku Hutan (RPH) Klenang, Muhamad Kasan mengatakan, ada 2 titik kebakaran yang terjadi di Hutan Bentar. Dari hasil penyelidikan, titik api berasal bukit sebelah selatan yang merambat ke sisi barat sesuai arah angin.

“Kami siaga dulu ya mas. antisipasi terjadi kebakaran lagi. Soal kerugian kami masih belum menghitung secara detiil,” tandasnya singkat. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  WAW, Cara Mengembangkan Kelestarian Hutan dan Satwa di Lereng Argopuro

Baca Juga

Mandi di Sungai, Bocah di Purwosari Pasuruan Ditemukan tak Bernyawa

Pasuruan,- Bocah berusia 7 tahun, D-E-R-K, ditemukan meninggal dunia akibat diduga tenggelam di Sungai Babatan, …