Diawali Bakar Sampah, Gudang Kayu Kuno di Kraksaan Terbakar

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebuah gudang kayu kuno di Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, dilalap si jago merah, Senin (22/7/). Diduga kebakaran terjadi akibat api pembakaran sampah menjalar.

Gudang yang berada di belakang rumah milik Benny Handoyo itu terbakar sekitar pukul 11.00 Wib. Di dalam gudang, tersimpan sejumlah balok kayu kuno, termasuk kayu sisa pembongkaran bangunan di sebelah timur gudang.

Kanitreskrim Polsek Kraksaan, Iptu Slamet menjelaskan, dari keterangan saksi dan hasil lidik kepolisian, diduga kebakaran terjadi akibat tumpukan sampah yang dibakar salah satu penjaga bangunan kuno tersebut.

“Berdasarkan keterangan yang kami gali, ada penjaga rumah menyakakan api untuk membakar sampah. Karena angin kencang, akhirnya api menjalar ke gudang,” kata Slamet.

Menurut mantan Kanitreskrim Polsek Besuk ini, pihaknya masih mendalami faktor kelalaian yang dilakukan penjaga gudang sehingga kebakaran terjadi. “Ya masih didalami,” papar dia.

Salah satu koordinator petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Probolinggo Dadang Purwanto menguatkan penjelasan polisi, bahwa sumber api berasal dari pembakaran sampah.

“Informasinya, api dari sampah lalu menyambar bangunan. Alhamdulillah api sudaj terkendali. Kami lakukan pembasahan agar api benar-benar terkendali,” tutur Dadang.

Meski tak ada korban jiwa maupun luka, Dadang menyebut, kebakaran ruangan peninggalan Belanda berukuran 2×6 meteri itu mengakitbatkan korban alami kerugian puluhan juta rupiah.

“Jumlah pasti kerugiannya masih di data pemilik. Yang jelas, tidak ada korban luka maupun meninggal,” tandasnya. (*)

 

Penulis : Moh. Rochim
Editor : Efendi Muhammad

 

Baca Juga  Pemeriksaan Medis, Bayi Dibuang di Makam Baru Meninggal

Baca Juga

Mandi di Sungai, Bocah di Purwosari Pasuruan Ditemukan tak Bernyawa

Pasuruan,- Bocah berusia 7 tahun, D-E-R-K, ditemukan meninggal dunia akibat diduga tenggelam di Sungai Babatan, …