Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo.

Disdikbud Kaji Usulan DPRD, Bangun SMPN Baru di Belahan Barat

Probolinggo – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menjadi permasalahan tersendiri bagi calon siswa di belahan barat Kota Probolinggo. Sebab di kawasan ini tidak ada SMP negeri.

Terkait hal tersebut, DPRD Kota Probolinggo saat rapat Forum Badan Anggaran, beberapa waktu yang lalu mengusulkan kepada pemkot untuk membangun SMPN baru di wilayah barat.

Hal tersebut disampaikan anggota Banggar DPRD Kota Probolinggo, Muchlas Kurniawan saat dikonfirmasi, Jumat (24/8/2023). Dikatakan banyak siswa lulusan SD dan MI yang berdomisili di dua kelurahan yakni, Kademangan dan Pilang tidak dapat masuk ke SMPN terdekat.

“Jadi siswa dua kelurahan ini tidak bisa masuk ke tiga SMPN yakni, SMPN 10, SMPN 7, dan SMPN 2 karena jaraknya terlalu jauh. Sehingga ketika ada PPDB, siswa di dua kelurahan ini akan tersingkir dibandingkan dengan siswa yang rumahnya dekat dengan SMPN-SMPN itu,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Terkait hal ini, pihaknya meminta kepada Pemerintah Kota Probolinggo untuk mengkaji serta membangun SMPN baru di wilayah barat. Dengan pembangunan SMPN baru, siswa SD dan MI dapat bersekolah di SMPN negeri.

“Kami meminta kepada pemkot untuk mengkaji dan membangun SMPN baru di di wilayah barat. Sehingga siswa di dua kelurahan tersebut dapat bersekolah di SMP negeri. Hal ini karena sektor pendidikan merupakan skala prioritas,” katanya.

Sementara terkait hal ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo, Siti Romlah mengatakan, tengah menindaklanjuti rekomendasi DPRD terkait pembangunan SMPN baru. Disdikbud pun sudah mengirimkan usulan untuk melakukan kajian kepada pemerintah pusat.

“Dalam kajian pembangunan SMPN baru ini perlu melibatkan para ahli. Selain itu di wilayah barat, pemkot memiliki tanah aset sehingga bisa dijadikan lokasi pembangunan gedung SMPN baru,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Lomba Tari Kreasi Bolinggoan, Cara Disdikbud Kota Probolinggo Angkat Budaya Pandalungan

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …