ATRAKTIF: Puluhan polisi cilik saat atraksi dalam upacara bendera di Alun-alun Lumajang. (foto: Asmadi)

Saat Atraksi Pocil Pukau Peserta Upacara Bendera di Lumajang 

Lumajang,- Ratusan pasang mata menyaksikan penampilan Polisi cilik (Pocil) Polres Lumajang yang menghibur peserta upacara detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-78, Kamis (17/8/23).

Sebanyak 30 siswa-siswi SD dari kelas 4-6 SD ini merupakan yang terbaik se-Kabupaten Lumajang, yang diambil melalui seleksi ketat. Aktraksi apik mereka berhasil memukau para peserta upacara usai pengibaran bendera Merah Putih berlangsung.

Kasatlantas Polres Lumajang sekaligus pelatih polisi cilik, AKP Radiyati Putri Pradini mengatakan, polisi cilik ini sudah beberapa kali tampil dalam berbagai event di Kabupaten Lumajang.

“Kenapa kita selalu tampilkan polisi cilik ini, karena polisi cilik ini milik Lumajang. Nah, waktu HUT Bayangkara di Polda Jatim, seluruh polisi cilik di Jawa Timur mengikuti lomba dan alhamdulillah mereka juara umum,” kata Putri saat ditemui di Alun-alun Lumajang, Kamis.

Menurut Putri, untuk melatih kekompakan dan kebersamaan polisi cilik ini, tentu butuh waktu yang lama. Selain mengasah teknis, juga mental mengingat mereka masih layaknya anak-anak kebanyakan.

“Tidak dalam waktu yang singkat kita bisa membentuk suatu hal yang berprestasi seperti itu. Sebab, usia mereka masih 10 sampai 15 tahun,” ujar dia.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq, sangat mengapresiasi pertunjukan polisi cilik yang dinilainya sangat kompak. Gerakannya sangat rapi dan atraktif sehingga enak ditonton.

“Keren loh itu, anak di usia yang masih Sekolah Dasar (SD), sudah bisa baris berbaris sangat rapi, sangat kompak, dan gerakan patah-patahnya betul-betul terlihat. Apalagi ini sudah pernah juara umum di Polda Jawa Timur,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Sambut Nataru, PT KAI Siapkan Rangkaian Baru

Baca Juga

HPN PWI Jatim 2024 Digelar di Jember, Inilah Berbagai Kegiatannya

Jember,- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur tahun 2024 dipusatkan di Kabupaten Jember. Untuk …