PAPARAN: Komisioner KPU Kab. Probolinggo, Agus Hariyanto A, memberikan paparan soal verifikasi BCAD. (foto: dok).

KPU Keluarkan Surat, BCAD TMS Masih Bisa Perbaikan

Probolinggo – Dari 723 Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) Kabupaten Probolinggo yang terdaftar, 259 BCAD di antaranya Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Meski begitu, para BCAD yang TMS tersebut, masih dapat melakukan perbaikan.

Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Agus Hariyanto Andinata mengatakan, hingga tanggal 11 Agustus nanti, partai politik yang mempunyai BCAD TMS hingga akhir masa verifikasi dokumen pada Minggu (6/8/2023) lalu, masih bisa melakukan perbaikan, pergantian, atau pemindahan daerah pemilihan (dapil).

“Sesuai dengan Surat Dinas KPU Nomor 801 ini menjadi dasar UU parpol bisa memperbaiki dokumen BCAD, mengganti, atau pindah dapil,” katanya, Selasa (8/8/2023).

Agus menyebut, Surat Dinas (SD) 801 itu baru diterimanya pada 7 Agustus kemarin atau setelah masa verifikasi berakhir. Sehingga, dengan adanya SD ini, parpol masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki dokumen BCAD-nya yang berstatus TMS, atau bahkan menggantinya dengan figur lainnya.

“Yang TMS masih mempunyai kesempatan untuk memperbaiki, atau bahkan parpol mau mengganti BCAD masih bisa. Dengan syarat sampai tgl 11 mengajukan kembali ke KPU dengan membawa form model BB daftar calon perubahan dan mendapatkan persetujuan dari DPP parpol yang bersangkutan,” paparnya.

Agus melanjutkan, hingga tanggal 11 Agustus nanti pihaknya akan tetap menunggu jika ada parpok yang akan melakukan perbaikan atau pergantian. Namun, setelah itu, pihaknya akan fokus ke tahapan pemilu selanjutnya.

“Intinya 259 BCAD yang TMS masih bisa memperbaiki dokumennya sampai tanggal 11 Agustus ini. Hasil dari verifikasi untuk perbaikan ini di tanggal 11-15 Agustus, jika masih ada yang TMS, baru tidak bisa lanjut ke penetapan DCS (Daftar Calon Sementara, Red.),” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Ada 'Perang' Cawapres di Jatim, Ini Kata KH Ma'ruf Amin

Baca Juga

Cari Pendamping Habib Hadi, PKB Kota Probolinggo Buka Pendaftaran Balon Walikota-Wakil Walikota

Probolinggo,- Setelah PDI Perjuangan dan Partai Nasdem, giliran PKB yang membuka pendaftaran Bakal Calon Walikota …