BIKIN CEMAS: Salah satu truk overload yang melintas di jalan raya Sumbersuko. (foto: Asmadi)

Truk Overload Lalu Lalang di Jalan Sumbersuko, Pengguna Jalan Was-was

Lumajang,- Truk kelebihan muatan atau Over Dimension Over Load (ODOL) yang kerap lalu lalang di jalan Raya Sumbersuko, Kabupaten Lumajang membuat pengguna jalan resah. Pengguna jalan meminta aparat kepolisian dan pemerintah setempat melakukan penertiban.

Muatan yang terlalu berat dan besar kerap membuat kecepatan truk-truk yang melintas tidak stabil, sehingga membuat pengendara lain harus menjaga jarak. Jika truk jenis ini mengalami kecelakaan terjadi, kemacetan parah pasti terjadi.

Pengendara sepeda motor, Muhammad Huda (36) mengaku kerap melintas di jalan nasional Sumbersuko. Ia merasa tidak aman ketika berjalan beriringan dengan truk-truk kelebihan muatan itu.

“Saya sering merasa tidak nyaman saat harus melewati truk-truk ODOL itu. Mereka seringkali tidak memperhatikan jarak dan kecepatan. Bahkan, seringkali tidak mau memberi jalan,” kata Huda saat dikonfirmasi, Selasa (8/8/2023).

Senada dengan Huda, pengendara motor lainnya Hendro (47), mengaku juga sangat terganggu dengan banyaknya truk besar nan panjang di jalan raya Sumbersuko.

Setiap hari, Hendro yang melintasi jalan Sumbersuko untuk berangkat kerja merasa was-was. Ia meminta polisi atau Dinas Perhubungan turun tangan dan melakukan penertiban.

“Truk kelebihan muatan itu sangat membahayakan pengendara, terutama ketika mereka iring-iringan. Saya berharap kepada polisi agar memberi sanksi tegas kepada para pengemudi truk yang kelebihan muatan itu,” harap Hendro.

Kasatlantas Polres Lumajang AKP Radyati Putri Pradini mengatakan, berjanji akan melakukan penindakan terhadap kendaraan yang overload.

“Kami selalu memberi himbauan kepada pemilik usaha, pemilik kendaraan truk, maupun kepada paguyuban truk se-Kabupaten Lumajang untuk mengurangi muatannya,” ujarnya.

Jika didapati ada truk yang beroperasi dijalan dan melebihi muatan maksimal, Satlantas Polres Lumajang, akan memberi tindakan tegas berupa tilang hingga larangan beroperasi.

Baca Juga  PDAM Kabupaten Probolinggo Jadwalkan Perbaikan Pipa Bawah Laut Senin Depan

“Kita akan melakukan penindakan tegas kepada setiap sopir truk yang membawa muatan barang overload,” janji Putri. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Truk Vs Truk Tabrakan di Jalur Pantura Bangil, Sopir Kritis

Pasuruan,- Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur pantura Raci, tepatnya di depan Pengadilan Agama (PA) …