Bulog Pastikan Stok Beras Aman hingga Akhir 2023

Probolinggo – Bulog Cabang Probolinggo memastikan stok beras hingga akhir tahun 2023 aman. Bahkan, menjelang akhir tahun ini, Bulog akan menyerap gabah petani dengan target lebih banyak daripada tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Pimpinan Bulog Cabang Probolinggo Yoga Prastyadi. Dikatakan stok beras di gudang bulog hingga akhir tahun 2023 dipastikan aman, dengan jumlah 7.800 ton.

“Dengan jumlah stok beras tersebut, wilayah Bulog Cabang Probolinggo, mulai Kota dan Kabupaten Probolinggo serta Kabupaten Lumajang dipastikan aman,” ujarnya.

Adanya program dari pemerintah tentang bantuan pangan berupa beras ini menjadi salah satu faktor stok beras aman, karena program ini berpengaruh terhadap serapan gabah petani.

Program tersebut yakni bantuan pangan beras dari Badan Pangan Nasional yang diberlakukan pada tahun ini yang menyebabkan kenaikan serapan gabah, hingga 30 persen.

“Jadi dari data tahun 2022 serapan gabah mencapai 12 ribu ton. Sedangkan dengan adanya kenaikan 30 persen, serapan gabah tahun 2023 naik menjadi 16 ribu ton,” ujarnya.

Meski begitu, penyerapan gabah tersebut nantinya akan dikembalikan ke pemerintah, apakah digunakan program bantuan atau untuk digunakan stok beras.

“Dengan stok yang tersedia masyarakat di Kota dan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang di musim kemarau ini tidak perlu khawatir tentang stok beras,” kata Yoga. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Jualan di Jalan, PKL Bermobil Diminta Pindah

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …