Kunjungi Pesantren Nurul Qodim, Anies: Hanya Ingin Silaturrahim

Kunjungi Pesantren Nurul Qodim, Anies: Hanya Ingin Silaturrahim

Probolinggo – Bakal Calon Presiden dari Partai Nasdem, Anies Rasyid Baswedan, berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Qodim (PPNQ) di Desa Kalikajar Kulon, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo pada Selasa (8/8/2023) siang. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat berdialog dengan para santri.

Dialog dengan santri digelar di kantor Aliansi Ulama Tapal Kuda (Autada) yang lokasinya berada di bagian selatan PPNQ. Dialog ini pun berlangsung menarik, lontaran-lontaran pertanyaan dari santri, dijawab dengan lugas dan jelas.

Anies menyebut, kedatangannya itu bukan dalam rangka kampanye. Kunjungan ke PPNQ ini hanya untuk terus menyambung tali silaturrahim yang sudah terjalin dari masa kepengasuhan KH. Hasan Abdul Jalal.

Sehingga dengan kunjungan ini, silaturrahim antara dirinya dengan pondok pesantren yang didirikan oleh KH. Hasyim Mino ini bisa terus terjaga.

“Tadi juga mohon doa, ngobrol dengan para santri, bercerita dengan santri akan pentingnya belajar,” katanya, Selasa (8/8/2023).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini juga memuji kepintaran para santri PPNQ yang sempat berdialog dengannya. Menurutnya, dengan ruang gerak yang terbatas, pengetahuan para santri masih tetap mengikuti perkembangan zaman.

“Pertanyaan-pertanyaannya berbobot. Mulai dari pertanyaan tentang peran perempuan dalam karir politik, pendidikan, dan pekerjaan. Jadi, pertanyaan-pertanyaan tadi menunjukkan bahwa mereka mengikuti perkembangan zaman,” ujarnya.

Sementara itu, Pengasuh PPNQ, KH. Hafidzul Hakiem Noer mengatakan, kunjungan Anies ke pondoknya hanya untuk merajut silaturahim. Tidak ada pembahasan selain membahas terkait dunia kesantrian.

“Tidak ada pesan tersembunyi, hanya minta doa saja, dan pembahasannya hanya seputar santri,” katanya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Menangi Pemilu di Kabupaten Probolinggo, PKB Gagal 'Segel' Kursi Ketua Dewan

Baca Juga

Gabung di Kloter 43, CJH Kota Probolinggo Akan Berangkat 21 Mei 

Probolinggo,- Sebanyak 195 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Probolinggo masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) …