TERBAIK: Briptu Tiara Nissa usai menerima cinderamata mata dari Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan. (foto: Moh. Rois)

Profil Briptu Tiara Nissa, Polwan asal Kota Pasuruan yang jadi Lulusan Terbaik di Akademi Kepolisian Turki

Pasuruan,- Nama Briptu Tiara Nissa Zulbida, anggota Polwan asal Kota Pasuruan l, tengah menjadi sorotan. Ia jadi perhatian publik karena prestasi gemilangnya sebagai lulusan 5 besar terbaik di Turkish National Police Academy (TNPA) atau Akademi Kepolisian Turki.

Briptu Tiara Nissa lahir di Kota Pasuruan pada 10 April 1994. Dia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Akhmad Ariefin (60) dan Etti Ismiyati (60) warga Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

Sejak sekolah dasar, Nissa, panggilan akrabnya, aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah dan memperoleh reputasi sebagai siswa yang terkenal dan berprestasi.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di SD Pekuncen, Nissa melanjutkan pendidikan di sekolah favorit Kota Pasuruan. Dia bersekolah di SMP 2 Kota Pasuruan dan lulus dari SMA 1 Kota Pasuruan pada tahun 2011.

Selama masa di sekolah, Nissa juga dikenal sebagai sosok yang hits dan populer. Nisa aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi sekolah, seperti OSIS, basket, dan pramuka.

“Mulai SD sudah meninjol prestasinya. Seperti Pramuka, olahraga lari. Waktu SMP dia ikut Jambore Nasional,” kata Etti Ismiyati, Ibu Nissa, Selasa (1/8/2023).

Setelah lulus SMA, Nissa langsung bekerja sebagai teller bank di salah satu bank swasta. Bahkan ia menjadi karyawan terbaik.

Prestasinya di dunia perbankan bahkan mengantarkannya mendapatkan beasiswa kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Surabaya.

Namun, panggilan hati untuk menjadi seorang polisi tak bisa diabaikan. Nisaa akhirnya memutuskan untuk berkarier sebagai seorang polisi. Nissa menempuh pendidikan bintara di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdik) Sabhara, Porong, Sidoarjo.

“Awalnya yang menyuruh daftar polwan itu saya, Alhamdulillah dia mau, mungkin karena ingin memuliakan orang tua,” ujar Etti.

Baca Juga  Merasa Bisa Bekerja, 3 Warga Desa Bimo Kembalikan Uang BLT

Setelah lulus pendidikan bintara, Nissa ditugaskan di Polda Jatim, di mana Nissa aktif dan berkontribusi dalam berbagai peran, termasuk sebagai ajudan Ibu Kapolda Jatim.

Sebelum mengejar pendidikan di Turki, Polwan yang berdinas di Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jawa Timu berpengalaman ke luar negeri dengan misi PBB di Afrika Selatan selama 1,5 tahun.

Tahun 2021, Nisaa kemudian memulai pendidikan pada program Capacity Building Pelatihan Kapolri Tingkat Pertama dan Magister Non Skripsi dan lulus pada tahun 2023 ini.

“Ke luar negeri dua kali ini, perma ke Afrika Selatan dalam rangka misi PPB. Yang kedua ya ini pendidikan di Turki. Pendidikan ke Turki ini juga dapat beasiswa,” terang Etti.

Diketahui, Briptu Tiara Nissa Zulbida berhasil meraih gelar lulusan terbaik pendidikan jenjang master (S2) nontesis dan pengembangan kompetensi untuk perwira polisi tingkat pertama di Turkish National Police Academy (TNPA) pada Rabu, 26 Juli 2023 lalu.

Selain Briptu Tiara Nissa, ada dua anggota Polri lainnya, yaitu Ipda Regina Setiawan dari Polda Kepulauan Riau dan Bripka Hilman Lasmana dari Polda Jawa Barat, yang juga lulus dari pendidikan Turkish National Police Academy (TNPA).

Semangatnya yang gigih dan dedikasi tinggi sebagai seorang polisi telah mengantarnya meraih posisi terbaik dalam program pendidikan tersebut.

Briptu Tiara Nissa sukses masuk dalam peringkat lima besar. Bahkan ia berkesempatan untuk menjadi orang pertama yang menyampaikan pidato langsung di depan Presiden Republik Turki Recep Tayyib Erdogan dan para tamu undangan dalam upacara wisuda.

Erdogan pun secara langsung memberikan sebuah cinderamata kelulusan kepada Nissa sebagai salah satu peserta didik yang terbaik. Ia juga menitipkan salam untuk Presiden RI, Joko Widodo. (*)

Baca Juga  Selamatkan 7 ABK Tenggelam, 3 Nelayan KM Cahaya Abadi 201 Raih Penghargaan

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …