Pemerintah Jamin Harga dan Stok Pangan Aman

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Memasuki hari ke 4 bulan puasa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bersama Tim Satgas Pangan Polres Probolinggo mengecek ketersediaan dan harga bahan pokok. Inspeksi mendadak (sidak) diawali di Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kamis (9/5/2019).

Pasca dari Pasar tradisonal Semampir, pantauan dilanjutkan ke Gudang Bulog di Desa Klaseman, Kecamatan Gending, yang berakhir di Pasar tradisioal Kecamatan Leces. Dari hasil sidak, Pemkab dan Satgas Pangan memastikan stok dan harga pangan masih stabil.

“Bahkan harga bawang putih sudah turun. Sedangkan harga daging ayam dan daging sapi masih stabil. Kondisi dagingnya juga sehat secara fisik alias tidak ada yang berpenyakit,” kataAssisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Probolinggo Sidik Widjanarko.

Sementara di Pasar Semampir, lanjut Mantan Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) ini, selain harga dan stok pangan yang stabil, pihanya juga memantau kondisi komoditas. Ia tidak menemukan adanya campuran bahan lain yang dilakukan oleh pedagang.

“Baik itu daging sapi, ayam, ikan itu tidak mengandung bahan formalin atau bahan-bahan pengawet. Jadi rata-rata apa yang diperdagangkan di Pasar Semampir ini cukup baik. Mudah-mudahan masyarakat bisa menikmati stabilitas harga ini,” harap Sidik.

Sementara untuk ketersediaan beras, tambah Sidik, Bulog menjamin beras, tepung dan minyak goreng cukup tersedia. Jika nantinya terdapati kekurangan, menurut Sidik, pihaknya akan melalukan penimbunan di beberapa kecamatan. “Tapi sampai saat ini semua distribusi masih lancar,” ucap dia.

Sedangkan Kepala Bulog Subdriver VIII Herisman mengatakan, pihaknya akan menjamin ketersediaan beras dan bahan pangan lain, tidak hanya menjelang hari raya idul fitri. Tapi lanjut Herisman, komoditas pangan akan cukup tersedia hingga tahun depan.

“Disamping beras, kami juga memiliki ketersediaan gula sebanyak 50 ton, minyak goreng 4000 liter dan tepung terigu sebanyak 2 ton. Selain itu, kami juga akan membeli hasil panen para petani untuk menjaga kestabilan harga pasar,” tutur Herisman. (*)

Baca Juga  Nisan Raksasa Milik Bintaos Resahkan Warga

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Maaf! Tidak Ada WFH di Pemkot Probolinggo, ASN Wajib Ngantor

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo memutuskan untuk tidak menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Seluruh …