PERSIAPAN: Sekda Kabupaten Lumajang, Agus Triyono, memberi arahan kepada peserta pelatihan Paskibraka. (foto: Asmadi)

Pemkab Lumajang Siapkan 75 Pelajar jadi Paskibraka Tahun 2023

Lumajang,- Sebanyak 75 Calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Lumajang tahun 2023 mulai menjalani pemusatan latihan.

Pembukaan pusat pendidikan dan pelatihan ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang, Agus Triyono di Stadion Semeru Lumajang.

Agus mengatakan, tujuan pemusatan pendidikan dan pelatihan bagi calon anggota Paskibraka tahun 2023 adalah untuk membentuk pasukan yang akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera merah-putih, pada tanggal 17 Agustus 2023 nanti.

“Momen ini kalian nikmati, di tahun 2023 tiba waktunya mengalami peristiwa bagi kalian yang menjadi perjalanan dan pengamalan. Ini catatan penting dalam perjalanan hidup kalian menjadi pasukan kebanggaan pengibar bendera pusaka di Kabupaten Lumajang,” kata Agus, Jumat (21/7/23).

Agus menyampaikan, calon anggota Paskibaraka di Lumajang ini telah melewati tahap seleksi ketat tanpa intervensi dari pihak manapun.

Kemudian, mereka juga dibekali ilmu pancasila, dan pengetahuan lain sesuai dengan kurikulum Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Menurutnya, Paskibraka akan mempunyai tugas penting dalam satu hari saja yakni pada tanggal 17 Agustus. Oleh karena itu, setiap tahun momen puncak perayaan kemerdekaan harus dipersiapkan dengan baik.

“Saya berharap kepada panitia dan para pelatih untuk terus memperhatikan fisik, kedisiplinan waktu, dan kerapian para peserta Paskibraka Kabupaten Lumajang,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia berpesan kepada para peserta calon Paskibraka, untuk memperhatikan arahan dari pelatih dalam mempersiapkan diri agar momen puncak Hari Ulang Tahun (HUT) RI berjalan sempurna.

“Dalam momen ini yang dibutuhkan adalah kekompakan, kedisiplinan dan keseragaman kalian dalam melakukan gerak dan langkah sesuai arahan pelatih. Prosesi pengibaran bendera merah putih 17 Agustus nanti harapannya bisa sempurna, saya yakin anak-anakku semua bisa melaksanakan itu,” bebernya.

Baca Juga  Terjaring Hendak Tawuran, Puluhan Pelajar Dibina

Sekedar informasi, 75 calon paskibraka ini terdiri dari 40 pelajar putra dan 35 putri, dari tingkat SMA/SMK/MA negeri dan swasta se-Kabupaten Lumajang.

Sementara, peserta dari Kabupaten Lumajang yang lolos untuk mengikuti pemusatan pendidikan dan pelatihan Paskibraka Provinsi Jawa Timur sebanyak 2 peserta, yakni 1 putra dan 1 putri. (***)

 

Editor Mohamad S

Publisher Zainul Hasan R

Baca Juga

Exfesh 2024 di Genggong Tuntas, ini Dia Para Jawaranya

Probolinggo,- Kompetisi antar pelajar Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa (Exfesh) di lingkungan Pesantren Zainul …