HILANG: Proses pencarian jamaah haji hilang oleh petugas haji. Jemaah haji yang hilang Niron Sunar (insert)

Jemaah Haji Kab. Probolinggo Hilang, Tanda Pengenal Hanya Gelang

Probolinggo,- Seorang jemaah haji asal Kabupaten Probolinggo dikabarkan hilang di Saudi Arabia. Jemaah tersebut bernama Niron Sunar Suna asal Desa Muneng Kidul, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Hilangnya jemaah tersebut dari rombongan hajinya dibenarkan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, Taufieq. Jemaah tersebut sudah hilang sejak belasan hari lalu.

Taufieq menerangkan, pada 29 Juni lalu Niron beserta rombongan melaksanakan lempar jumrah yang dilaksanakan setelah subuh. Saat perjalanan dari Mina ke jamarat (tempat lempar jumrah), Niron masih berkumpul dengan rombongan.

Tetapi setelah pulang ke Mina dan sesampainya ditenda, Niron sudah tidak terlihat bersama rombongan lagi.

“Setelah itu istrinya menunggu di tenda, namun sampai sore tidak kunjung datang, akhirnya istrinya lapor kepada ketua kloter. Sejak saat itu juga dilakukan pencarian,” kata Taufieq, Minggu (9/7/2023).

Dari saat hilanya Niron, semua tim haji yang ada di Saudi terus melakukan pencarian. Dan tepat pada 5 Juli lalu, ditemukan sejumlah barang yang diyakini milik Niron, mulai dari tas paspor, kalung identitas, dan baju dari Niron.

“Ketika dikonfirmasi ke istrinya oleh petugas, betul itu milik Bapak Niron, sehingga saat ini tanda pengenal Bapak Niron hanya menyisakan gelang hajinya,” ujarnya.

Meski begitu, pihaknya terus melakukan pencarian. Hingga saat ini pencarian sudah memasuki hari ke-11.

“Petugas juga sudah melakukan pencarian ke tiga rumah sakit yang ada di Makkah, namun belum berhasil ditemukan. Tapi kami akan terus melakukan pencarian,” paparnya.

Petugas terus memberikan motivasi dan semangat kepada istri Niron yang saat ini sedang menunggu kabar terkait suaminya.

“Kami terus memberikan motivasi, edukasi, dan doa dukungan kepada istri beliau. Semoga Bapak Niron selalu dalam lindungan Allah dan segera ditemukan,” ujarnya.

Baca Juga  Datangi MUI, Tujuh Pemuda Penantang Tuhan Mengaku Menyesal

Sebagai informasi, sebanyak 786 jemaah haji Kabupaten Probolinggo diberangkatkan ke Arab Saudi pada Kamis (15/06/2023) lalu. Ratusan jemaah haji tersebut tergabung dalam Kloter 64 dan 65 Embarkasi Surabaya.

Sesuai rencana, mereka akan kembali dan tiba di Indonesia pada Jumat (28/07/2023) mendatang. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Mimpi itu Kini Nyata! Penjual Sandal Keliling di Pasuruan Akhirnya Berangkat Haji

Pasuruan,- Bagi Yahya (48), warga Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, tahun 2024 ini menjadi …