Terbaik! PT Tirta Investama AQUA Keboncandi Pasuruan Juarai Nusantara CSR Award 2023

Jakarta,- PT Tirta Investama AQUA Keboncandi Pasuruan, meraih prestasi luar biasa baru-baru ini dalam event penghargaan nasional CSR SDGs. Tidak hanya satu penghargaan tetapi dua kategori sekaligus.

Dua kategori itu meliputi Kategori Penanganan Perubahan Iklim dan Kategori Ekosistem Darat dengan Program Participatory Water Resilience ‘Rejoso Lestari untuk Menabung Air.’ Program tersebut bermitra dengan Yayasan Sekola Konang Indonesia.

Penghargaan Nusantara CSR Award (NCSRA) 2023 ini diserahkan pada malam penganugerahan di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, 5 Juli 2023. Sebelumnya juga digelar Kongres Nasional CSR & SDGs yang pertama sebagai side event NCSRA 2023 di tempat yang sama.

Dalam penghargaan itu, AQUA Keboncandi dinobatkan sebagai perusahaan terbaik dalam penulisan paper submit atau cerita perubahan. Karena itu, secara khusus mendapat predikat Gold atau Emas.

SR-CSR Manager AQUA Keboncandi Hari Wicaksono menerima penghargaan itu dari Ketua Tim Penilai NCSRA 2023 Prof Ibnu Hamad yang juga guru besar Komunikasi Universitas Indonesia. Dia didampingi La Tofi sebagai Chairman La Tofi School of Social Responsibility yang juga sekretaris tim penilai NCSRA 2023.

Menurut La Tofi, program Participatory Water Resilience ‘Rejoso Lestari untuk Menabung Air’ merupakan program luar biasa yang dieksekusi dengan cara-cara tidak biasa. Karena itu, secara khusus mendapat apresiasi Gold atau peringkat Emas.

Proses peringkatan ini sebelumnya harus melewati seleksi papper submit (cerita perubahan) dan contoh bagus yang bisa dijadikan sumber belajar untuk memahami apa sesungguhnya praktik CSR SDGs.

“Dalam program ini, ada mata air yang ditabung. Bukan sekadar agar pasokan air ke AQUA terjaga. Namun, agar sumber daya air bagi masyarakat luas juga ikut terjaga. Ini luar biasa dan caranya tidak biasa. Yang bisa kita pelajari, bahwa merawat alam itu berarti merawat manusia dan merawat generasi,” terangnya.

Baca Juga  Tiga Hari Lagi Pilkades, Kapolres Arsya: Jaga Ketertiban atau Dipenjarakan

Harapannya, melalui program ini, kenaikan suhu bisa direm sedikit demi sedikit. Prediksi bahwa di tahun 2027 sebagian pulau akan tenggelam, harapannya juga bisa direm dengan aksi-aksi nyata dari program konservasi.

Selain itu, CSR AQUA Keboncandi Pasuruan telah memberi guiden atau tuntunan nyata dalam kontribusi tujuan pembangunan berkelanjutan (CSR-SDGs).

Sementara itu, Kepala Pabrik AQUA Keboncandi Plant Wahyu Wulandari menuturkan, penghargaan ini akan menjadi penyemangat bagi AQUA Keboncandi untuk terus melakukan inovasi program yang berkelanjutan dan konsisten dalam berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan.

Langkah ini menjadi bukti komitmen untuk terus bertumbuh menjadi perusahaan hijau dan berkelanjutan.

“Karena menjaga lingkungan dan melindungi bumi berdampak langsung terhadap kesehatan manusia merupakan visi Danone AQUA yaitu One Planet One Health.” tuturnya. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Top! Pemkab Lumajang Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Dadan Pemeriksaan …