Cuaca Ekstrem di Musim Kemarau, Warga Diminta Waspada

Probolinggo – Saat ini hampir seluruh wilayah Indonesia memasuki musim kemarau. Namun di wilayah Jawa Timur khususnya Kota Probolinggo masih mengalami kondisi cenderung mendung, serta kadang terjadi hujan dengan intensitas rendah serta angin kencang yang berembus.

Terkait hal ini, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo mengatakan, dari pantauan klimatologi serta rilis BMKG mengenai analisis perkembangan musim, sebagian wilayah Jawa Timur diprediksi memasuki musim kemarau.

Meski demikian, sebagian wilayah Jawa Timur diprediksi masih terjadi musim hujan dengan kategori tinggi. Masih berdasar rilis, suhu rata-rata berkisar 23 hingga 28 derajat Celcius. Sedangkan untuk suhu minimum sekitar 20 hingga 25 derajat Celcius dan suhu maksimum mencapai 29 hingga 34 derajat Celcius.

“Dari rilis inilah, serta saat ini angin bertiup cukup kencang, di wilayah Kota Probolinggo warga merasakan suhu dingin baik di siang hari, maupun malam hari,” ujarnya.

Adapun kecepatan embusan angin yang bertiup yang termonitor di ruang Pusdalops BPBD Kota Probolinggo mencapai 10 hingga 17 kilometer per jam. Hal ini sesuai prediksi BMKG, di mana didominasi dengan angin timuran yang akan terus berlangsung.

Selain itu, adanya fenomena bulan purnama atau full moon, serta jarak terdekat antaran bumi dan bulan saat ini berpotensi meningkatnya ketinggian air laut secara maksimum atau banjir rob yang akan terjadi di sejumlah wilayah.

“Sesuai imbauan Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, masyarakat yang beraktivitas di laut untuk melihat kondisi cuaca, serta lebih waspada, juga tidak memaksakan diri melaut jika terjadi cuaca buruk,” kata Sugito. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Bak Sampah Taman Kota Rusak, Warga Bingung Buang Sampah

Baca Juga

TPT Ambrol Kali Kertosono Baru Bisa Diperbaiki Permanen Tahun Depan, ini Sebabnya

Probolinggo,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Timur Wilayah Sungai (WS) …