Dapat Tanah Hibah dari Pemkab, Mapolsek Tongas Akan Direlokasi

Probolinggo – Mapolsek Tongas di Jalan Raya Tongas, Desa Tongaswetan, Kecamatan Tongas, bakal direlokasi. Hal ini setelah Polres Probolinggo Kota menerima tanah hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo untuk pembangunan mapolsek baru.

Kepastian tersebut terungkap dalam acara HUT Bhayangkara ke-77 di Gedung Putih Polres Probolinggo Kota, Sabtu (1/7/2023). Sertifikat tanah hibah tersebut diserahkan oleh Sekrtaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto kepada Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani.

Terkait hal ini, Sekda Ugas mengatakan, Mapolsek Tongas saat ini berada di tanah kas milik desa, sehingga saat Polres Probolinggo Kota hendak membangun kesulitan, karena terkendala kepemilikan tanah tersebut. Kemudian setelah dicari solusinya, akhirnyaditemukan tanah di Tongas untuk bisa dihibahkan.

“Tanah yang kami hibahkan ini seluas 2.400 meter persegi dan lokasinya tepat berada di depan RSUD Tongas. Tanah yang kami hibahkan ini sebelumnya merupakan eks-koperasi yang dihibahkan oleh kementerian ke Pemkab Probolinggo,” ujar Ugas.

Sebelumnya Pemkab Probolinggo dan Polres Probolinggo Kota telah meninjau lokasi. Hasilnya lokasi tersebut sangat tepat dan stategis, sehingga setelah dirasa cocok kemudian dibaliknamakan.

Nantinya, selain digunakan Mapolsek Tongas, dengan luasan tersebut juga bisa dikembangkan untuk gudang Satlantas.

“Setelah dipastikan lokasi tersebut strategis, maka pada hari ini tanah tersebut kami serahkan ke Polres Probolinggo Kota,” kata sekda.

Sementara Kapolres AKBP Wadi mengatakan, berterima kasih kepada Pemkab Probolinggo yang telah menghibahkan tanah untuk pembangunan Mapolsek Tongas. Selanjutnya, tanah tersebut akan diajukan ke Mabes Polri untuk menjadi aset.

“Selanjutnya, Polres Probolinggo Kota akan mengajukan ke Bagian Logistik untuk pembangunan, hingga fasilitas lainnya dengan desain Mapolsek Tongas yang juga kami ajukan nanti. Namun untuk pembangunanya masih menunggu dari Mabes Polri,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Perbaiki Jalan Rusak, Pemkab Probolinggo Minta Bantuan Pemerintah Pusat

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Sengketa Tanah Picu Konflik Sosial, Pemkab Lumajang Galakkan Sertifikasi Tanah Elektronik

Lumajang,- Puluhan tahun lamanya, beberapa masyarakat Kabupaten Lumajang mengalami krisis sosial yang disebabkan oleh sengketa …