SALAT IED: Jamaah Aboge di Kecamatan Leces, Kab. Probolinggo, melaksanakan salat Idul Adha di musholla. (foto: Hafis Rozani).

Selalu Berbeda! Jamaah Aboge Probolinggo Salat Idul Adha Hari Ini

Probolinggo,- Jamaah tahun Alif Rebo Wage (Aboge) di Kabupaten Probolinggo, Jumat pagi (30/06/2023) melaksanakan salat Idul Adha. Jamaah ini salat ied dengan selisih sehari dari umat islam pada umumnya.

Salat ied jamaah aboge ini, berdasarkan perhitungan dari Kitab Mujarrobat yang pada Idul Adha tahun ini memakai perhitungan JePatJi.

Sejak pagi, puluhan jamah Aboge di Dusun Krajan, Desa Leces, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, datangi Musholla Al-Barokah untuk melaksanakan salat Idul Adha. Tepat pukul 06.30 WIB, salat Idul Adha dimulai.

Jamaah Aboge sendiri pada tahun 2023 ini menetapkan hari raya Idul Adha tahun ini berdasarkan perhitungan Kitab Mujarrobat. Tahun ini hitungannya, Japatji (Raje-4-1) atau Sarpatji (Besar 4-1).

“Untuk tanggal 10 Zulhijah, dihitung dari tanggal 1 Zulhijah atau yang pada tahun ini jatuh pada Rabu Pon atau 21 Juni 2023. Sehingga jika ditambah 10 hari maka, Idul Adha tahun ini jatuh pada Jumat Pahing atau 30 Juni 2023,” ujar tokoh jamaah Aboge di Desa Leces, Kiai Buri Mariyeh.

Tidak ada perbedaan dengan umat Islam pada umumnya dalam pelaksanaan shalat Idul Adha di kalangan jamaah Aboge. Yakni salat dua rakaat, dengan tujuh takbir kali pada rakaat pertama dan lima kali takbir pada rakaat kedua.

Usai saalat ied, seluruh jamaah Aboge bersilahturahim. Mereka bersalam-salaman, dilanjutkan dengan makan bersama dengan makanan yang dibawa dan dikumpulkan saat jamaah Aboge datang ke mushala.

“Dari perhitungan tersebut, penentuan Idul Adha selisih sehari dengan pemerintah. Meski berbeda, hal tersebut tidak menjadi masalah. Untuk Idul Adha tahun ini, kami menyembelih dua ekor kambing yang dilaksanakan setelah salat Idul Adha,” kata Kiai Mariyeh. (*)

Baca Juga  Pererat Silaturahmi, 60 Nelayan Lomba Perahu Fiber

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Festival Musik Patrol Semarakkan Ramadhan di Lumajang

Lumajang,- Bulan Ramadhan 2024 di Kabupate Lumajang disemarakkan dengan beragam kegiatan religius. Seperti festival musik …