UNIK: Santri dan satriwati Ponpes Bani Rancang Probolinggo menggelar tradisi Sate Lanjeng. (foto: Hafiz Rozani)

Bakar ‘Sate Lanjeng’, Tradisi Ponpes Bani Rancang Meriahkan Idul Adha

Probolinggo,- Ada hal unik dan menarik yang menjadi tradisi di Pondok Pesantren (Ponpes( Bani Rancang, Dusun Kalisat, Desa Lemahkembar, Kecamatan Sumbersih, Kabupaten Probolinggo tiap tahun.

Untuk memperingati Idul Adha, ratusan santri menggelar tradisi ‘Sate Lanjeng’ (sate panjang) berupa, ribuan sate yang dibakar memanjang secara beramai-ramai.

Tradisi sate lanjeng digelar Ponpes Bani Rancang pada Kamis malam (29/06/23) pukul 19.00 WIB di lapangan pesantren. Sebelum tradisi dimulai, sejumlah pengurus dibantu santri mempersiapkan tempat panggangan sate sepanjang 100 meter.

Setelah tempat panggangan siap, tahap selanjutnya memasukkan arang dengan total 100 kilogram arang. Setelah arang membara, 2.000 tusuk sate dibagikan kepada santri dan satriwati untuk selanjutnya dibakar bersama.

Setelah mendapat aba-aba dari Pengasuh Ponpes Bani Rancang, Gus Agus Hasan Muktasim Billah, barulah 2.000 tusuk sate dibakar. Setiap santri mendapat jatah membakar lima tusuk sate.

“Sate lanjeng ini merupakan tradisi pondok pada setiap hari raya Idul Adha, kebetulan saat momen ini, para santri dan santriwati tidak pulang,” ujar Gus Agus.

Tak butuh waktu lama, sate yang dipegang santri dan santriwati secara bergantian matang. Setelah matang, santri dan santriwati makan bersama, nasi dengan lauk sate yang telah dibakar atau polokan yang juga dilaksanakan di halaman ponpes.

“Tradisi ini selain momen dilaksanakan setiap Idul Adha juga mengajarkan para santri kebersamaan selama berada dan belajar di ponpes,” imbuh Gus Agus.

Sementara itu, Siti Fatimah (16), salah seorang santriwati mengamini jika sate lanjeng merupakan tradisi pondok yang digelar tiap tahun. Hanya, pada tahun 2022 lalu tidak digelar karena sedang pandemi Covid-19.

“Tadi saat bakar sate terlalu sama sehingga sejumlah sate milik saya agak gosong. Semoga tahun depan tradisi sate lanjeng ini digelar lebih meriah lagi,” harapnya. (*)

Baca Juga  Oli Berceceran di Jalur Pantura Pajarakan, Pemotor Terjatuh

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Bibibi, Tradisi Membagikan Makanan Jelang Lebaran yang Tak Lekang Waktu

Probolinggo,- Ada tradisi unik yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri yakni, Bibibi. Tradisi membagikan …