QURBAN: Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, mengecek salah satu hewan qurban di wilayahnya. (foto: Asmadi)

Ekonomi Mulai Pulih, Warga Lumajang Berbondong-bondong Salurkan Hewan Qurban

Lumajang,- Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyebut, kondisi ekonomi di daerahnya tahun ini mulai pulih. Salah satu indikatornya, melimpahnya hewan qurban dalam Idul Adha 2023 yang disalurkan warga.

“Idul Adha ini saya rasakan semakin menunjukkan kebersamaan yang nyata, karena ada peningkatan rata-rata jumlah hewan kurban yang disembelih di Lumajang,” kata kepala daerah yang kerap disapa Cak Thoriq itu saat Takbir Bersama di Masjid Agung KH. Anas Machfudz Lumajang, Rabu (29/6/2023).

Menurut Cak Thoriq, peningkatan itu menandakan bahwa perputaran perekonomian masyarakat mulai mengalami pemulihan. Selain itu, kesadaran sosial dan kadar keimanan masyarakat juga meningkat.

“Di Kabupaten Lumajang ini banyak yang menyerahkan hewan kurban, itu artinya ada tanda-tanda pulihnya perputaran ekonomi dengan skala standar hewan kurban dimasing-masing masjid yang ada dibeberapa daerah,” ujarnya.

Ia mencontohkan, penerimaan jumlah hewan kurban yang berada di Bumi Semeru Damai saja, tercatat mencapai 5 ekor sapi dan 20 ekor kambing.

“Saya sudah ngecek di Huntap dan Huntara yang ada di Sumbermujur, ada lima sapi dan kambing sekitar 20 ekor,” imbuhnya.

Sementara itu, Takmir masjid KH. Anas Mahfudz Kabupaten Lumajang, Abdul Kafi menerangkan, perolehan hewan kurban di masjid kebanggaan warga kota pisang itu tercatat 4 ekor sapi dan 14 ekor kambing.

“Perolehan hewan kurban Masjid Agung, alhamdulillah sebanyak 4 ekor sapi dan kambing 14 ekor,” terang dia.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung, jelas dia, akan dilaksanakan pada Sabtu (1/6)23) mendatang.

“Sehubungan waktu penyembelihan hewan kurban tahun ini bertepatan dengan hari Jumat yang waktunya pendek, maka penyembelihan kita laksanakan pada hari ke tiga (Sabtu, red) sehingga waktunya longgar,” bebernya. (***)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Melek Digital, Pemkab Lumajang Gunakan 12 Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …