Su'eb, pedagang di Pasar Baru sedang menata dagangannya di lapaknya.

Tiga Pekan Jelang Idul Adha, Harga Bahan Pokok Stabil

Probolinggo – Sekitar tiga pekan menjelang Hari Raya Idul Adha, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Baru, Kota Probolinggo terpantau landai. Bahkan sejumlah komoditas terpantau harganya turun sejak beberapa hari lalu.

Sejumlah komoditas terpantau stabil seperti diungkapkan Sueb, pedagang asal Kebonsari Kulon. Ia menyebut, cabai rawit Rp38 ribu, tomat Rp10 ribu, dan bawang putih Rp34 ribu per kilogram (kg).

“Sekitar tiga minggu sebelum Idul Adha ini harga sejumlah komoditas terbilang masih stabil. Padahal sebelumnya komoditas ini naik salah satunya cabai rawit yang sempat mencapai Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per kilo,” ujarnya, Jumat (9/6/2023).

Meski harga komoditas tersebut stabil tetapi dibarengi dengan stok memadai. Namun demikian diperkirakan beberapa hari menjelang Idul Adha, harga komoditas ini akan kembali naik.

“Biasanya berkaca dari tahun lalu, cabai rawit yang naik beberapa hari sebelum Idul Adha. Sementara komoditas lain cenderung stabil,” kata Sueb.

Sejumlah komoditas harganya turun di antaranya telur ayam, yang saat ini mencapai Rp29 ribu dari sebelumnya Rp30 ribu per kg.

Selain itu, juga ada daging ayam broiler yang juga turun, Rp38 ribu dari sebelumnya Rp39 ribu per kg.

“Untuk daging ayam saat ini cenderung turun, yang mencapai Rp38 ribu dan sempat mencapai Rp45 ribu per kilo, namun diprediksi harga daging ayam ini akan naik menjelang Idul Adha,” ujar Bawon, penjual daging ayam.

Selain saat ini sudah masuk musim kemarau hasil panen petani melimpah. Ini memengaruhi banyaknya stok sehingga harga jual komoditas ini turun. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Jalan Sehat jadi Cermin Kekompakan Nahdliyyin Menyambut Resepsi 1 Abad

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …